(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Prestasi merupakan suatu hal yang membanggakan bagi siapa saja yang berhasil meraihnya, tak terkecuali bagi SMAN 16 Surabaya. Tak henti-hentinya civitas acedemica selalu berjuang dengan keras untuk terus menorehkan prestasi dan selalu mengharumkan nama SMAN 16 Surabaya. Ada berbagai cara dan langkah yang dapat dilakukan baik oleh peserta didik ataupun bagi seluruh civitas academica untuk mengembangkan potensi serta menyalurkan bakatnya di bidang akademik maupun non akademik guna mendapatkan prestasi melalui berbagai ajang perlombaan, salah satunya melalui ajang SMA Awards 2021.

SMA Awards 2021 yang diadakan oleh Jawa Pos dengan menggandeng Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan semangat, dorongan, serta apresiasi bagi seluruh sekolah yang ada di Kawasan Provinsi Jawa Timur guna menunjukkan bakat serta penampilan terbaik yang dimiliki oleh civitas academica di masing-masing sekolah tersebut. Ada berbagai kategori perlombaan yang dilaksanakan dalam ajang SMA Awards 2021 untuk menjaring minat-minat peserta didik baik dari bidang akademik maupun non akademik. Total kategori perlombaan dalam ajang SMA Awards 2021 ada 30 kategori perlombaan ditambah denga nada 3 penghargaan khusus yang dipilih berdasarkan penilaian langsung oleh Tim Internal Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Masing-masing sekolah yang ada di Provinsi Jawa Timur berlomba-lomba untuk memberikan penampilan terbaiknya dalam ajang SMA Awards 2021 ini untuk bisa masuk dalam 3 besar nominator juara dan pemannggilan penganugerahan SMA Awards 2021. Dari 30 kategori perlombaan, SMAN 16 Surabaya mengikuti 27 kategori perlombaan. Semua kategori perlombaan ini dilaksanakan secara online mulai dari tahapan pendaftaran peserta hingga proses unggah karya. Dari 30 kategori perlombaan, ada 19 kategori lomba yang penjuriannya dilakukan full secara online dan langsung ditentukan juara 1, 2, 3 oleh dewan juri, serta ada 11 kategori perlombaan yang nantinya akan diambil 5 finalis terbaik untuk maju dalam babak final yang dilaksanakan secara offline di Surabaya untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.

Saat pengumuman 5 besar, SMAN 16 Surabaya berhasil masuk dalam 2 kategori perlombaan untuk nominasi penentuan juara, yakni pada kategori perlombaan Sekolah Inovasi New Normal dan Paduan Suara. Sungguh merupakan kabar yang sangat membanggakan sekaligus angin segar bagi SMAN 16 Surabaya. Setelah diumumkannya nominasi sekolah-sekolah yang berhak untuk datang ke Surabaya menghadiri malam penganugerahan pengumuman lomba dalam ajang SMA Awards ini maka SMAN 16 Surabaya dihadiri oleh Ibu Kepala SMAN 16 Surabaya Hj. RA. Roosdiantini, S.Pd., M.Pd., Ibu Siti Fatika, S.P.d.,  selaku perwakilan lomba Inovasi Sekolah New Normal dan Ibu Dra. Tri Mintaju selaku perwakilan dari Tim Paduan Suara.

Pada puncak malam penganugerahan yang dilaksanakan di Hotel Shangrila Surabaya pada Hari Kamis tanggal 10 Desember 2021 ini berlangsung sangat meriah dan terlihat antusias yang begitu luar biasa dari para peserta yang berhasil masuk dalam kategori nominasi juara. Puncak penganugerahan ini juga di hadiri oleh Gubernur Jawa Timur yakni Ibu Khofifah Indar Parawansa sekaligus yang akan menyerahkan thropy penghargaan kepada para juara.

SMAN 16 Surabaya tak hanya membawa angin segar pada malam penganugerahan penentuan juara pada ajang SMAN 16 Surabaya, namun juga memberikan motivasi serta semangat yang lebih keras untuk terus mengepakkan sayapnya dalam memperoleh berbagai prestasi kedepannya. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan bagi SMAN 16 Surabaya dalam menorehkan prestasi dalam memperoleh Juara 1 dalam kategori perlombaan Sekolah Inovasi New Normal dan Juara 3 dalam kategori perlombaan Paduan Suara.

Semoga kabar bahagia ini mampu memberikan semangat bagi seluruh civitas academica SMAN 16 Surabaya untuk terus bergandeng tangan saling memberikan semangat serta berjuang lebih keras dalam meraih prestasi yang lainnya dan menjadi sekolah kebanggaan dan impian bagi seluruh peserta didik.