(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Dalam agama Islam, Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang terakhir. Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal, lahir di kota Makkah pada saat tahun gajah. Beliau merupakan putra dari pasangan Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah binti Wahab. Dari sekian banyaknya nabi yang diciptakan oleh Allah SWT, Nabi Muhammad diberikan banyak sekali mukjizat dari Allah SWT yang berkaitan dengan ajaran islam, salah satunya berupa diturunkannya Kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Untuk mengingat hari lahirnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi yang membawa ajaran Agama Islam dan Nabi yang diberikan mukjizat berupa Al-Qur’an serta sebagai pengingat bagi kaum muslim untuk terus menyerukan dan menjaga keutamaan Agama Islam maka dilaksanakannya Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. SMA Negeri 16 Surabaya dalam hal meningkatkan ketaqwaan seluruh civitas academica sebagai umat muslim maka melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 11 November 2021 dengan tema: “Peningkatan Iman dan Taqwa, Membentuk Karakter Peserta Didik Menuju Kebangkitan Pendidikan Indonesia dari Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baitul Mukmin dengan mengundang seorang pembicara yang terkenal pada masa kini yakni Ibu Nyai Hj. Wafiqoh Jamilah, S.Pd. atau yang terkenal dengan julukannya sebagai Bu Nyai Orange.

Dikarenakan pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini masih di tengah-tengah kondisi Pandemi Covid-19 maka pelaksanaannya pun tidak dapat dilangsungkan secara offline menyeluruh, melainkan dibagi menjadi 2 yakni secara online dan offline. Namun hal itu tidak mengurangi semangat bagi seluruh civitas academica SMAN 16 Surabaya untuk turut memeriakan pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Secara offline, kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Kepala Sekolah SMAN 16 Surabaya Ibu Hj. R.A Roosdiantini, S.Pd., M.Pd, seluruh Bapak/Ibu Guru, Staff dan Tendik, beberapa para alumni, Komite Sekolah, serta  perwakilan peserta didik tiap kelas sebanyak 3 peserta didik dan perwakilan peserta didik yang beragama non muslim dimana nantinya mereka akan diberikan kegiatan khusus kerohanian sesuai dengan agama mereka masing-masing. Sedangkan secara online kegiatan ini dilaksanakan melalui zoom meeting dengan diikuti seluruh peserta didik SMAN 16 Surabaya mulai dari kelas X sampai dengan kelas XI.

 

Topik yang menarik dalam kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini karena mengajarkan dan mengingatkan kepada kita semua untuk selalu bersabar, bersyukur atas segala nikmat dan karunia Allah SWT, serta selalu mengingat Allah SWT dengan berdzikir dan beribadah. Tak hanya itu, ada pesan yang tersirat untuk seluruh peserta didik agar terus memiliki dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT serta memiliki kepribadian yang baik shalih shalihah utamanya dalam terus mengembangkan pendidikan di Indonesia khususnya pada masa Pandemi Covid-19. Satu hal lagi yang menarik pada kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dimana untuk membantu peserta didik agar dapat terus memperoleh pendidikan yang sesuai, alumni SMAN 16 Surabaya memberikan bantuan sumbangan dana pendidikan dimana nantinya akan disalurkan pada peserta didik yang membutuhkan.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sangat meriah sekali dimana terlihat dari antusias seluruh civitas academica SMAN 16 Surabaya dalam mengikuti kegiatan ini mulai dari awal hingga akhir acara. Semoga apa yang dilakukan ini mendapatkan ridho dari Allah SWT dan mendapatkan hikmah untuk kita semua khususnya dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, aamiin aamiinn ya robbal alamin. (Novia / HP)