(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Memasuki bulan oktober, terdapat banyak sekali momen yang diperingati sebagai wujud penghargaan atas momen tersebut. Salah satu momen penting yang diperingati setiap bulan Oktober di Indonesia yaitu terkait dengan adanya peringatan “Bulan Bahasa dan Sastra”. Adanya peringatan Bulan Bahasa dan Sastra ini sudah dilakukan sejak Oktober 1980 dimana tujuan dari adanya peringatan ini yaitu sebagai upaya untuk memasyaratkatkan Bahasa dan Sastra Indonesia.

          Terinsipirasi dari tujuan Bulan Bahasa dan Sastra itu sendiri, SMAN 16 Surabaya juga turut serta untuk memperingati momen tersebut dengan membangun kesadaran akan pentingnya Bahasa dan Sastra Indonesia terutama dikalangan peserta didik di sekolah. Acara yang dilakukan oleh SMAN 16 Surabaya dalam memperingati Bulan Bahasa dan Sastra salah satunya diwujudkan dalam kegiatan Lomba Spanduk dengan tema “Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar untuk Menuju Indonesia Tangguh”. Kegiatan tersebut sudah diawali pada awal bulan Oktober untuk mempersiapkan hasil karya dan puncak penilainnya dilaksanakan pada Kamis, 28 Oktober 2021

Lomba Spanduk yang diadakan oleh SMAN 16 Surabaya diikuti oleh 33 kelas dimana setiap kelas pada nantinya diwakili oleh 1 hasil karya sehingga jika ditotal terdapat 33 karya yang dilombakan. Terkait ketentuan spanduk sendiri telah ditentukan oleh pihak sekolah yaitu desain spanduk dapat dibuat sekreatif mungkin dan nantinya akan dicetak dengan ukuran 2m x 1m dilengkapi pojok kiri atas spanduk terdapat logo sekolah dan di sebelah kanan atas terdapat logo masing-masing kelas. Setelah hasil spanduk dari masing-masing kelas selesai dikerjakan, semua spanduk tersebut dipajang di halaman tengah di sekolah untuk dapat dinilai oleh Dewan Juri.

Dewan Juri dari Lomba Spanduk terdiri dari guru mata pelajaran Seni Budaya dan Bahasa Indonesia yang masing-masing diwakili oleh Abdul Razzaq Tahir, S.Sos., M.Si sebagai Juri 1 sekaligus Ketua, Dra. Hj. Ratri Nurandari, M.Pd sebagai Juri 2, dan Puspa Zanuar, S.Pd., M.Pd sebagai Juri 3. Penilaian spanduk dilakukan melalui penilaian langsung serta presentasi hasil karya spanduk dari kelasmasing-masing yang diwakili oleh 2 peserta didik tiapkelas. Penentuan juara dari Lomba Spanduk ditentukan melalui 4 indikator penilaian yaitu; 1) Orisinalitas Karya, 2) Kesesuaian Tema, 3) Inovasi, dan 4) Kedalaman Eksplorasi. Terkait dengan pengumuman juara dari Lomba Poster, akan diumumkan pada tanggal 10 November bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan.

Secara keseluruhan, kegiatan Lomba Spanduk yang diadakan oleh SMAN 16 Surabaya berjalan dengan lancar, dibuktikan dengan adanya antusias yang sangat luar biasa dari Sixteenagers (Julukan peserta didik SMAN 16 Surabaya) yang sangat total dalam menuangkan kreatifitasnya dalam membuat spanduk untuk memperingati Bulan Bahasa dan Sastra. Adanya kegiatan ini, diharapkan mampu untuk menggugah kembali kesadaran para peserta didik untuk dapat menghargai dan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, serta mampu untuk mengembangkan dan melestarikan karya sastra sebagai bagian daripada dirinya. (Eko/Hp)

SIXTEEN! CERDAS BERSINAR…!!!