(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Guru sebagai salah satu bagian dari stakeholder di lingkungan sekolah yang memiliki kewajiban dalam membantu peserta didik untuk dapat menumbuhkembangkan kemampuan dan pengetahuannya di lingkungan sekolah, sehingga dengan kewajiban seperti demikian maka sebagai seorang guru memerlukan kemampuan secara khusus utamanya dalam menumbuhkan serta meningkatan kompetensi dan kemampuan diri sebagai seorang guru. Kompetensi guru yang baik maka dapat menunjang dalam memajukan dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah.

SMA Negeri 16 Surabaya sebagai sebuah wadah bagi peserta didik agar nantinya memiliki bekal pengetahuan yang cukup dalam meraih cita-citanya, maka agar dapat mewujudkan tujuan tersebut diperlukannya pelatihan yang lebih mendalam untuk seluruh stakeholder khususnya bagi seorang guru. Salah satu stakeholder di dalamnya yakni seorang guru diperlukan suatu bimbingan serta pelatihan khusus agar dapat meningkatkan kompetensinya sebagai seorang guru melalui workhop. SMA Negeri 16 Surabaya dalam hal ini memberikan wadah bagi seorang guru agar dapat meningkatkan kompetensinya dengan melaksanakan kegiatan pelatihan melalui workshop. Workshop yang dilaksanakan kali ini dengan tujuan untuk memberikan pengalaman, meningkatkan kemampuan serta kompetensi pada guru dalam hal penyusunan penilaian berbasis literasi dan numerisasi. Workshop ini dilaksanakan pada Hari Jum’at, 15 Oktober 2021. Materi pada workshop ini memuat 3 materi yang akan dibahas di dalamnya, yakni sebagai berikut: Materi Penguatan Pendidikan Karakter, Materi Panduan Penyusunan Soal Literasi, dan Materi Panduan Penyusunan Soal AKM.

Pemilihan topik materi ini di dasarkan pada penghapusan adanya Ujian Nasional dan digantikan dengan AKM (Assesment Kemampuan Minimal) serta untuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter di dalam diri peserta didik. Adanya pemberlakuan sistem yang baru maka diperlukan kompetensi guru yang lebih meningkat lagi untuk dapat mempersiapkan peserta didik yang lebih siap dan berkompeten dalam menghadapi soal-soal AKM.

 

Susunan kegiatan Workshop hari ini dimulai dengan pembukaan dari Bapak Drs. Lutfi Isa Anshori, M.M. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo, kemudian pemaparan materi pendidikan karakter dan pelatihan penyusunan soal berbasis literasi dan numerisasi serta AKM yang disampaikan oleh Ibu Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. Kegiatan workshop ini diikuti oleh seluruh Bapak dan Ibu Guru SMA Negeri 16 Surabaya dengan sangat antusias. Harapan dan Output setelah pelaksanaan Workshop ini agar nantinya seluruh Bapak dan Ibu Guru dapat memahami terkait bagaimana penyusunan soal AKM berbasis Literasi dan Numerisasi dengan baik dan benar serta dapat diaplikasikan ketika membuat soal penugasan atau ulangan untuk peserta didik dengan menyisipkan minimal 1 butir soal di setiap soal yang dibuat oleh Bapak dan Ibu Guru. Tak hanya itu saja, kegiatan workshop ini juga dilakukan untuk persiapan menyongsong tahun ajaran baru di tahun berikutnya agar nantinya ketika agenda pelaksaan Assesment dilakukan untuk seluruh peserta didik kelas XI maka seluruh peserta didik sudah terlatih dan terbiasa untuk mengerjakan soal berbasis AKM.