(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Sekolah merupakan sebuah wadah bagi para generasi muda untuk mengembangkan kemampuan akademik dan non akademiknya, termasuk dalam mengembangkan kreativitas mereka. SMAN 16 Surabaya sebagai sekolah yang terus berupaya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi para peserta didik baik dari segi akademik dan non akademiknya. Salah satu wujud perhatian pihak sekolah untuk para peserta didik agar terus dapat menumbuhkembangkan kemampuan peserta didiknya khususnya dalam hal potensi kreativitas salah satunya dengan membentuk kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler di SMAN 16 Surabaya yang dijadikan sebagai wadah untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas yakni melalui Alanza Student Company.

Alanza SC ini merupakan wadah bagi para peserta didik untuk dapat terus menerus menggali potensi yang ada di dalam diri mereka, khususnya potensi untuk menjadi seorang generasi muda yang memiliki ide, gagasa, inovasi, serta kreativitas yang terus berkembang yang nantinya bisa menjadi bekal bagi mereka juga untuk dapat menjadi seorang wirausaha yang sukses kedepannya.

Alanza SC di bawah bimbingan dari seorang guru hebat dan berbakat yakni Ibu Siti Fatika, S.Kom ini mulai dari proses terbentuknya Alanza SC sampai dapat menjadi sebuah wadah yang hebat bagi para peserta didik ini terus mengalami peningkatan, dibuktikan dengan keberhasilan dari Alanza SC dalam menciptakan produk-produk terbarukan yang lebih inovasi, kreatif, serta bermanfaat bagi masyarakat khususnya di era seperti ini.

Kali ini prestasi yang begitu membanggakan datang dari Alanza SC, setelah beberapa waktu lalu berhasil membuat produk Spatula dan Cutting Board dengan desain yang sangat menarik serta bahan bakunya menggunakan kayu mahoni, melalui ajang perlombaan yang di selenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia dan di sponsori oleh City Foundation dimana materi dalam perlombaan tersebut merupakan isi operasional secara keseluruhan dari sebuah perusahaan kecil yang dibuat oleh para peserta didik mulai dari proses awal terbentuknya Student Company, sejarah penamaannya, struktur organisasi, job description, produk yang mereka tawarkan, promosi dan marketingnya, penjualan, serta pelaporan kerja dari tiap divisi. Ajang perlombaan ini merupakan ajang perlombaan tingkat regional untuk beberapa wilayah yakni Semarang, Surabaya dan Sidoarjo, serta Denpasar dengan di ikuti 15 peserta Student Company, dan dinilai oleh 12 Dewan Juri. Kegiatan ini diselenggarakan pada Hari Sabtu tanggal 11 September 2021.

Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian serta penentuan pemenang, seperti operasional yang digunakan ada berapa persen (%), video bisnis, video profil Student Company, company report, pitching dan interview. Hasil dari ajang perlombaan ini Alanza SC para dewan juri menyatakan bahwa Alanza SC menjadi juara tingkat regional dan berhak maju ke babak selanjutnya yakni dalam ajang perlombaan di Tingkat Nasional. Dari hasil penilaian para dewan juri, Alanza SC berhasil menjuarai beberapa kategori sebagai berikut:

  1. The Best Student Company 2021 Tingkat Regional Surabaya dan Sidoarjo
  2. The Best Teacher untuk Ibu Sitik Fatika, S.Kom
  3. The Best President untuk Peserta didik atas nama Lentera
  4. The Best Vice President Commercial in Regional untuk peserta didik atas nama Muhammad Keva
  5. The Best Digital Marketing

Sebuah prestasi yang membanggakan, sehingga Alanza SC dapat maju dan bersaing kembali dalam ajang perlombaan di Tingkat Nasional. Selamat untuk Alanza SC, peserta didik yang terlibat, dan selamat untuk SMAN 16 Surabaya. Semoga kedepannya prestasi yang membanggakan ini dapat menjadi motivasi bagi peserta didik yang lainnya untuk terus berjuang mengembangkan kemampuan, potensi, serta bakat mereka Aamiin.