(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Kemerdekaan Indonesia di proklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang mana ini ditandai dengan pembacaan naskah teks proklamasi oleh Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat. Dalam catatan sejarah bukan suatu hal yang mudah bagi bangsa Indonesia untuk dapat memproklamasikan kemerdekaan. Ada banyak sekali halangan serta rintangan yang harus dilalui oleh bangsa Indonesia agar sampai di titik ini yakni titik proklamasi kemerdekaan. Bangsa Indonesia juga berusaha sekuat tenaga hingga mengorbankan harta benda, keluarga bahkan nyawa mereka demi Indonesia agar terbebas dari belenggu penjajahan. Banyak sekali peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah perkembangan dan pembentukan kemerdekaan Indonesia. Sehingga dengan dibacakannya Naskah Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi sebuah titik terang bagi bangsa Indonesia untuk membentuk kemerdekaan Indonesia. Bangsa Indonesia terus bersatu padu, bergandeng tangan menyingkirkan semua ego mereka masing-masing untuk dapat terus mempertahankan Kemerdekaan Indonesia agar tidak lagi dikuasai oleh para penjajah.

Sebagai perwujudan rasa syukur yang sedalam-dalamnya juga ucapan terimakasih kepada para pahlawan yang telah gugur di medan perang dan juga perwujudan rasa cinta tanah air yang begitu besar untuk Negara Indonesia, maka setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia merayakannya dengan suka cita untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dengan cara pelaksanaan upacara bendera , kemudian juga mengadakan berbagai lomba-lomba yang dilaksanakan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat untuk terus menyatukan kerukunan antar sesama masyarakat. SMAN 16 Surabaya sebagai tempat untuk menutut ilmu juga merayakan hari kemerdekaan Indonesia ini setiap tahunnya, termasuk dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Pandemi yang sudah berlangsung kurang lebih sekitar 1,5 tahun ini, tak membuat berhenti semangat para civitas academica SMAN 16 Surabaya untuk tetap melaksanakan kegiatan dan agenda-agenda rutin setiap tahun, sehingga kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara offline kini tetap dilaksanakan meskipun secara online. Salah satu kegiatan rutin SMAN 16 Surabaya setiap tahunnya yakni Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang tahun ini tepat 76 tahun dengan penamaan yang sangat menarik yakni SERIES: Spreading the Independence Day’s Spirit Throught Exploring The Variety of Languages 2021.

Kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini dilaksanakan secara online melalui zoom dengan beberapa rangkaian acara yakni sebagai berikut: Lomba baca puisi, Lomba Quiz, Lomba News Anchor, dan juga lomba Tiktok. Dimana masing-masing perlombaan ini diwakili oleh perwakilan tiap kelas mulai dari kelas X, XI, dan juga kelas XII. Pada kegiatan beberapa perlombaan yang dilaksanakan ini juga di umumkan para pemenangnya berdasarkan jenjang tingkatan kelasnya, masing-masing jenjang kelas pada tiap kategori perlombaan diambil 2 juara yakni Juara 1 dan Juara 2. Para Sixteenagers sangat antusias sekali dalam mengikuti serangkaian acara mulai dari awal hingga akhir acara yang dibuktikan dengan kehadiran jumlah peserta di Zoom meeting dan juga para peserta lomba yang sangat bersemangat untuk berusaha memenangkan perlombaan tersebut.

Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan kedepannya, semoga juga semua civitas academica SMAN 16 Surabaya dapat terus bersatu padu meningkatkan kerukunan dan toleransi antar sesama sebagai perwujudan rasa cinta tanah air yang begitu dalam kepada Negara Indonesia agar kedepannya Negara Indonesia terus menjadi negara yang terkenal akan kerukunan masyarakatnya, serta terhindar dari berbagai penyerangan pihak-pihak lain yang berusaha untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Merdekaa!! Merdekaa!! Merdekaa!!