(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Masa pandemi COVID-19 yang kini telah terjadi kurang lebih selama satu setengah tahun ini tentunya membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga masyarakat, mulai dari kaum muda hingga tua kini berusaha untuk terus mencari inovasi-inovasi baru dan mengembangkan kreativitas yang mereka miliki agar tetap bisa bertahan memenuhi kebutuhan mereka di saat seperti ini.

SMAN 16 Surabaya dalam hal ini tak hanya mengembangkan kemampuan peserta didik dari segi akademiknya saja, tetapi juga terus menerus mengembangkan kemampuan non akademik, salah satunya melalui Alanza Student Company. Melalui Alanza Student Company ini, peserta didik juga diberikan bekal tentang bagaimana caranya untuk terampil utamanya dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada di sekitar kita untuk kemudian dituangkan melalui kegiatan kewirausahaan.

Fokus yang ditekuni dalam Alanza Student Company ini ialah mengembangkan bisnis di bidang retail kebutuhan peralatan dapur. Tak hanya mencari solusi dengan membuat sesuatu yang baru, tetapi Alanza juga mengajarkan kepada masyarakat tentang bagaimana caranya untuk menjadi wirausahawan serta belajar digital marketing. Saat ini ada produk baru yang sedang ditekuni oleh Alanza Student Company ini, berdasarkan penuturan Presiden Director Alanza ini yakni Lentera, ia mengatakan bahwa ide bisnis kali ini bermula dari kebiasaan-kebiasaan baru yang utamanya muncul saat Pandemi, yakni masyarakat yang gemar untuk memasak dan menjadikan kegiatan memasak sebagai suatu hobi baru.

Produk yang saat ini Alanza Student Company tekuni saat ini yakni membuat produk-produk peralatan dapur berupa Spatula dan Cutting Board. Bagi beberapa orang, produk ini mungkin terlihat biasa saja dan sering mereka jumpai. Namun yang menarik disini ialah desain yang dibuat oleh Alanza Student Company ini sengaja di desain berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, yakni bahan baku yang dibuat untuk peralatan dapur tersebut berasal dari kayu mahoni berkualitas dan cocok untuk menjadi bahan dasar alat dapur itu sendiri.

Tak hanya itu saja, Cutting Board yang dibuat ini memiliki sebuah keunikan dari Cutting Board yang biasa dijumpai oleh masyarakat. Keunikan tersebut terletak pada desainnya yang dibuat dengan model lipat sehingga menambah kesan yang lebih simple dan minimalis. Jadi, dengan ukurannya yang besar, cutting board ini tetap praktis utamanya ketika disimpan karena tidak menghabiskan tempat penyimpanan. Keunikan lain pada cutting board kali ini ialah dengan membuat cekungan dibagian tengah yang berfungsi untuk mengalirkan air sisa sayur-sayuran atau buah-buahan yang dipotong agar tidak berceceran dan kotor.

Tahapan akhir dalam pembuatan cutting board ini melalui proses finishing khusus dengan diberikan lapisan beeswax yang membuat cutting board lebih kokoh dan anti jamur, serta dibagian lipatannya pun menggunakan bahan khusus yakni dari stainless steel. Produk yang dibuat oleh Alanza Student Company berupa spatula dan cutting board ini didesain sendiri dan bekerjasama dengan industri kayu local untuk memajukan bisnis ini. Pemasaran produk ini pun juga mudah di dapatkan oleh masyarakat luas karena sudah ada di beberapa market place, karena masa pandemi seperti ini membuat aktivitas masyarakat lebih mengedepankan pada akses online.

Hal ini membuktikan bahwa peserta didik SMAN 16 Surabaya bukan hanya peserta didik yang mengedepankan kemampuan akademiknya saja, tetapi juga belajar untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitasnya agar terus maju dan mampu bersaing dengan dunia luar. Tetap semangat untuk seluruh Sixteenagers dalam mengasah kreativitas dan mengembangkan inovasinya, semoga apa yang kalian harapkan selalu dimudahkan oleh Tuhan YME