(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Hari Raya Idul Adha atau yang juga dikenal dengan dengan hari kurban merupakan suatu Tindakan atau kegiatan untuk menyembelih binatang kurban dengan tujuan agar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, Hari Raya Idul Adha juga dikenal dengan Hari Raya Haji. Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha dilaksanakan setiap tahun oleh umat Islam, dimana semua umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha dan tiga hari tasyrik. Adapun pada tahun 2021 ini Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021, serta hari tasyriknya berlangsung pada tanggal 21-23 Juli 2021.

SMAN 16 Surabaya sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus perwujudan ketaqwaan kepada Allah SWT juga turut menyemarakkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tersebut. Adapun pelaksanaan Idul Adha di SMAN 16 Surabaya ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 dengan menyembelih beberapa hewan kurban kurang lebih ada 5 ekor sapi dan juga 5 ekor kambing yang disembelih di SMAN 16 Surabaya. Hewan-hewan kurban ini merupakan hasil sodaqoh dari beberapa peserta didik, kemudian ada juga dari hasil patungan beberapa Bapak atau Ibu guru, serta ada pula yang dari Alumni SMAN 16 Surabaya. Hal ini merupakan perwujudan rasa syukur yang sebesar-besarnya dari segenap civitas academica dan juga alumni SMAN 16 Surabaya. Sasaran dari penyaluran hasil daging hewan kurban ini penyalurannya dikhususkan secara intern kepada Warga SMAN 16 Surabaya, beberapa Peserta didik yang berhak, juga kepada Bapak Ibu Guru.

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di SMAN 16 Surabaya alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari civitas academica dan juga alumni, serta antusias dari Bapak Ibu guru, siswa siswi OSIS/MPK dan juga Rohis yang turut serta dalam membantu pelaksanaan pemotongan hewan kurban hingga pada tahap penyaluran daging hewan kurban.

Harapan dari kegiatan ini semoga kedepannya pelaksanaan Hari Raya Idul Adha ini terus dan dapat berlangsung secara lancar serta semoga pandemi juga segera berakhir agar nantinya pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tidak hanya sekedar pemotongan dan penyaluran hewan kurban saja, melainkan juga dapat menyelenggarakan pelaksanaan Sholat Idul Adha di SMAN 16 Surabaya secara berjamaah. Semoga apa yang dilaksanakan ini mendapatkan ridho dari Allah SWT serta dapat menjadi ladang pahala bagi kita semua Aaamiinn.