(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Seperti halnya lembaga pendidikan lain, saat awal tahun pembelajaran baru peserta didik kelas X yang telah dinyatakan telah lolos dan masuk pada suatu sekolah setelah PPDB SMA se-derajat berlangsung, mereka akan melaksanakan Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah atau yang biasa dikenal dengan istilah MPLS pada minggu pertama pembelajaran. Fungsi MPLS sendiri dimaksudkan agar peserta didik baru yaitu kelas X dapat mengenal lebih jauh dan mendalam terkait dengan lingkungan sekolahnya entah terkait lingkungan fisik, akademis, maupun karakter yang ingin di kembangkan oleh sekolah tempat dimana ia akan belajar.

Karena masih dalam situasi pandemic, pelaksanaan MPLS SMAN 16 Surabaya yang mengusung Tema “Mengembangkan Siswa yang Berkarakter Secara Menyenangkan dan Bersahabat Dari Rumah” dilakukan full secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom. Keputusan untuk melaksanakan kegiatan MPLS secara full online didasari dengan mempertimbangkan kondisi perkembangan Covid-19 terkini. Terkhusus SMAN 16 Surabaya, rangkaian pelaksanaan MPLS dimulai dari tanggal 9 – 14 Juli 2021 yang diikuti seluruh peserta didik kelas X.

Rangkaian MPLS diawali pada hari Jumat 9 Juli 2021 berupa kegiatan Gladi Resik untuk mempersiapkan segala sesuatu hal terkait dengan Kegiatan inti MPLS yang secara resmi dilaksanakan mulai tanggal 12 – 14 Juli 2021. Hari pertama kegiatan MPLS diawali dengan dibuka oleh Drs. Abdul Razzaq, M.Si. selaku Master of Ceremony dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Kepala SMAN 16 Surabaya Hj. RA Roosdiantini, S.Pd., M.Pd. Setelah acara pembukaan, acara MPLS dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu guru maupun OSIS & MPK diantaranya yaitu:

  • Materi Kebijakan Sekolah yang disampaikan oleh Kepala SMAN 16 Surabaya Hj. RA Roosdiantini, S.Pd., M.Pd.
  • Materi Wawasan Wiyata Mandala oleh Wakasek Sarpras Bapak Suhada, S.Pd., M.Pd.
  • Materi Kurikulum oleh Wakasek Kurikulum Bapak Tjahjo Baskoro Widi, S.Pd., M.Si.
  • Materi Pendidikan Karakter oleh Bapak Drs. Kuzaini, M.Pd.
  • Materi Pembinaan Mental Agama oleh Bapak Muhammad Zaqqi Ghufron, M.Pd
  • Materi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara oleh Bapak Drs. Moh. Njikh, M.Pd.
  • Materi Kepramukaan oleh Bapak Drs. Abdul Rzzaq, M.Si.
  • MATERI Program Kesiswaan dan Tata Tertib oleh Bapak Drs. Sulistyono, MM.
  • Materi Tata krama oleh Ibu Sammy Purnamy Drachman, S.Pd
  • Dan Materi Belajar Efektif oleh Bapak Ridwan, S.Pd., M.Pd.
  • Materi OSIS dan MPK

Selama pelaksanaan MPLS disela-sela materi selalu diisi dengan tugas, Ice Breaking dan diakhir sesi setiap hari selalu di follow up berupa kegiatan tindak lanjut yang dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru Pendamping Gugus dan OSIS.

Pada hari terakhir pelaksanaan MPLS yaitu tangal 14 Juli setelah emua materi selesai disampaikan, rangkaian kegiatan MPLS ditutup dengan dipandu oleh Drs. Abdul Razzaq selaku Master of Ceremony dan kemudian secara resmi ditutup oleh Wakasek Kesiswaan Ibu Tri Mintaju, S.Pd dengan penuh rasa syukur dan bangga.

Dengan berakhirnya kegiatan MPLS, diharapkan peserta didik baru kelas X dapat semain mengenal dan mencintai sekolahnya dengan baik dan maksimal meski dalam kodisi yang serba terbatas akibat pandemic Covid-19 yang masih berlangsung.

SIXTEEN…! CERDAS BERSINAR !!!