(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Kegiatan Pondok Ramadhan dan Pondok Kasih merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Kali ini, kali kedua pelaksanaan Pondok Ramadhan dan Pondok Kasih dilaksanakan secara online-offline dikarenakan masih dalam suasana pandemi. Kegiatan Pondok Ramadhan ini sebagai perwujudan dari rasa syukur dan bukti kecintaan umat muslim terhadap Allah SWT karena masih diberikan kesempatan untuk dapat merasakan Puasa Ramadhan yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Sedangkan untuk kegiatan Pondok Kasih ini dilaksanakan sebagai perwujudan rasa dan sikap toleransi yang tinggi dari umat non muslim kepada umat muslim. Dengan dilaksanakannya kegiatan Pondok Ramadhan dan Pondok Kasih ini memberikan sebuah contoh yang sangat baik bahwa tidak ada kesenjangan, tingginya rasa toleransi antar sesama.

SMA Negeri 16 Surabaya meskipun masih dalam suasana pandemi seperti ini tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin yang biasa dilakukan setiap tahunnya, salah satunya adalah Kegiatan Pondok Ramadhan dan Pondok Kasih. Waktu pelaksanaannya pun dibagi menjadi dua hari, yakni pada tanggal 29 April 2021 dan 29 April 2021. Pada tanggal 28 April 2021 ini susunan acaranya yakni pelaksanaan Kegiatan Pondok Ramadhan untuk kelas XI dan Kegiatan Pondok Kasih untuk kelas X dan XI. Sedangkan pada tanggal 29 April 2021 merupakan kegiatan Pondok Ramadhan bagi kelas X. Adapun untuk pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan secara offline ini dilaksanakan di Masjid sekolah dengan menghadirkan perwakilan peserta didik di tiap kelas sebanyak 7 siswa, dan untuk pelaksanaan secara online melalui zoom meeting, sehingga semua siswa baik yang online maupun yang offline tetap join melalui link zoom meeting. Begitu juga untuk pelaksanaan kegiatan Pondok Kasih, secara offline dilaksanakan di Ruang Multimedia SMAN 16 Surabaya dan secara online juga melalui zoom meeting. Rangkaian acara pada pelaksanaan Pondok Ramadhan ini dimulai dengan kegiatan sholat dhuha dan hajat, lalu dilanjut dengan kajian Ramadhan dan motivasi, tadarus Al-Qur’an, Kultum dan diakhiri dengan pelaksanaan kegiatan sholat dhuhur berjamaah. Untuk rangkaian acara Tadarus Al-Qur’an ini dimana masing-masing kelas akan dipandu oleh 1 orang guru dan peserta didik diminta untuk membaca 1 Juz yang mana dalam pembacaan dan pelafalan ayat suci Al-Qur’an ini akan dipandu serta di damping oleh 1 orang guru.

Pada pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan dan Pondok Kasih ini berlangsung sangat meriah karena semua peserta didik SMAN 16 Surabaya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut mulai dari awal hingga akhir acara. Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan rasa syukur dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan karuniaNya kepada kita semua dan juga untuk menumbuhkembangkan rasa toleransi terhadap sesama. Semoga apa yang dilaksanakan ini mendapatkan Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa, dicatat sebagai amal ibadah serta bermanfaat untuk semua Aaamiinn Aaamiinn Ya Robbal Alamin