(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mempu mendorong pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik. Pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik dalam pramuka dituangkan melalui berbagai kegiatan yang salah satunya yaitu kegiatan Latihan Gabungan sebagai bentuk wadah kerjasama untuk memberikan pelatihan dan pemberian bekal pengetahuan yang cukup berkaitan dengan kepramukaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada tanggal 27 Maret 2021 bertempat di SMAN 15 Surabaya dilaksanakan kegiatan Latihan Gabungan Pramuka dengan kegiatan inti seputar seminar pramuka di masa pandemi dalam menghadapi era new normal. Latihan Gabungan tersebut merupakan sebuah agenda rutin yang diikuti oleh beberapa sekolah di Surabaya termasuk siswa siswi SMAN 16 Surabaya. Selain SIXTEEN, kegiatan tersebut juga diikuti beberapa sekolah seperti SMAN 15 Surabaya, SMAN 14 Surabaya, SMAN 11 Surabaya, SMAN 18 Surabaya, dan SMK Bubutan Surabaya.

Didasari adanya situasi pademi yang masing berlangsung hingga sekarang ini, kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring. Terkhusus untuk sistem luring, kegiatan tersebut dihadiri hanya 5 siswa per sekolah sebagai perwakilan dengan protokol Kesehatan yang ketat. Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan oleh oleh Kepala Cabang Dinas Surabaya-SidoarjoDrs. Lutfi Isa Anshori M.M. dan Kepala Kwartir Cabang Surabaya yangdiwakilkan oleh sekertaris beliau yaitu Hj. Siti Mariyam, SH.yang kemudian dilanjutkan dengan seminar terkait seminar Pramuka di masa pandemic dalam menghadapi era new normal yang dilaksanakan pukul 09.00-13.00. Secara garis besar materi yang disampaikan dalam seminar yaitu :

  1. Wajah Baru Pramuka Penegak Di Abad 21
  2. Wawasan Kebangsaan Menuju Karakter Pramuka Milenial Abad 21
  3. Penampilan cerita Boneka Tangan oleh Panitia
  4. Pramuka Penegak yang Berkepribadian Baik dan Berkarakter
  5. Kesakaan

Adanya kegiatan Latihan Gabungan ini diharapkan para kader pramuka dari SIXTEEN dapat menjadi seorang kader yang terampil, berkarakter, dan berpengetahuan luas luas dalam bidang kepramukaan dan mampu membawa output yang baik bagi sekolah.