(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Increadible Sixteen Olympiad (ISO) merupakan sebuah ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh SMAN 16 Surabaya serta diikuti oleh seluruh peserta SMP/Sederajat di Jawa Timur. ISO ini sudah terbentuk sejak lama dan menjadi sebuah agenda rutin di setiap tahunnya, namun ada yang berbeda pada pelaksanaan ISO tahun 2021 ini dimana pelaksanaannya dilaksanakan secara online.

ISO yang merupakan olimpiade akademik tahunan ini dibentuk dengan tujuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis para siswa-siswi SMP/Sederajat se-Jawa Timur serta diharapkan nantinya dapat membentuk generasi-generasi muda yang berkualitas secara akademik serta memiliki semangat yang tak pernah padam. Di masa-masa pandemi seperti ini ISO tetap diselenggarakan agar para siswa-siswi tetap memiliki semangat untuk terus belajar dan mengembangkan potensi akademiknya.

Peserta yang mendaftar pada ISO 2021 ini 1 tim terdiri atas 2 orang. Pendaftaran para peserta ISO 2021 dibuka mulai tanggal 28 Januari 2021 hingga 13 Maret 2021. Untuk Mapel yang diujikan terdiri dari 3 mapel yakni: MIPA, IPU (Ilmu Pengetahuan Umum), dan Bahasa Inggris. Total tim yang mendaftar sebanyak 169 tim yang berasal dari 8 kota/kabupaten di Jawa Timur. Untuk pelaksanaan ISO 2021 ini diselenggarakan pada tanggal 20 Maret hingga 21 Maret 2021 dan terdiri dari tiga babak yakni: babak penyisihan, semifinal, dan babak final. Pada babak semifinal ini diambil dari 20 tim terbaik yang mendapat skor tertinggi, serta lima tim terbaik akan maju ke babak final dan akan memperebutkan juara I, II, III, Harapan I, dan Harapan II untuk setiap kategori Mapel.

Berdasarkan penuturan dari Ketua ISO 2021, Nirwasita Putri Kirana siswi kelas XI MIPA 3 ini bahwa ISO 2021 diakadan oleh OSIS dan MPK, serta bimbingan dari Bapak/Ibu Guru SMAN 16 Surabaya, dalam pelaksanaan ISO 2021 kali ini mulai dari babak penyisihan hingga babak final serta pengawasannya dilaksanakan full melalui online yakni menggunakan web zoom meeting.

Pada babak penyisihan hingga babak semifinal setiap tim diminta untuk mengerjakan soal pilihan ganda di website yang disediakan oleh panitia, dan pada babak final untuk kategori Mapel Bahasa Inggris peserta diminta untuk membuat video layaknya pembawa berita dari script yang telah disediakan panitia untuk kemudian dikumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan, sedangkan pada kategori Mapel MIPA dan IPU menggunakan sistem cerdas cermat melalui zoom.

Kelima peserta dimasing-masing kategori Mapel yang menjadi juara yakni sesuai dengan urutan berikut: Pada kategori Mapel MIPA para pemenangnya berasal dari SMPN 1 Surabaya, SMPN 1 Genteng, SMPN 22 Surabaya, SMPI Cikal Harapan 2, dan SMPK Gloria 2. Pada kategori Mapel IPU para pemenangnya berasal dari SMPK Santa Clara Surabaya, SMP Islam As-Sakinah, SMP Al-Hikmah Surabaya, SMPN 39 Surabaya, dan SMPN 35 Surabaya. Pada kategori Mapel Bahasa Inggris berasal dari SMPN 6 Surabaya, SMPK Kalam Kudus Malang, SMPK Santa Clara, SMPN 6 Surabaya, dan SMP IPH WEST. Benefit yang didapat para pemenang mulai juara I hingga juara III yakni berupa Uang Tunai, Piala, dan E-Sertifikat Pemenang, serta untuk para pemenang yang mendapat juara Harapan I dan Harapan II mendapat benefit berupa Uang Tunai dan E-Sertifikat Pemenang.

Harapan dari Civitas Academica dengan terselenggaranya ISO 2021 semoga kedepannya peserta yang mendaftar mengalami peningkatan, kegiatan ini juga dapat diselenggarakan secara offline dan mampu menumbuhkan