(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

SMAN 16 Surabaya merupakan wujud institusi sekolah yang sangat peduli pada pengembangan peserta didiknya, tidak hanya pada bidang akademis saja melainkan pada bidang non akademis juga menjadi salah satu perhatian sekolah untuk mengembangkan potensi setiap peserta didik yang ada. Adanya pernyataan tersebut didukung dengan fakta dilapangan dimana banyak siswa Sixteen yang memperoleh prestasi pada bidang akademis maupun non akademis. Salah satu prestasi non akademis yang diraih oleh para siswa Sixteen datang dari Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) yang menjuarai kejuaraan PMR tingkat SMA/SMK sederajat se-Jawa Timur.

Kejuaraan yang diikuti oleh PMR Sixteen tersebut yaitu Ajang Cipta Prestasi Palang Merah Remaja atau yang biasa disebut “ACIPRAJA”. ACIPRAJA merupakan kejuaran rutin tahunan yang dilaksanakan oleh SMAN 19 Surabaya sebagai wadah kompetisi antar PMR dari beberapa tingkat yaitu SD, SMP, dan SMA/SMK sederajat se-Jawa Timur. Berkaitan dengan kejuaraan ini, PMR Sixteen secara luar biasa menyabet gelar Juara Umum selama 2 tahun berturut turut yaitu pada tahun 2020 dan 2021.

ACIPRAJA 2020 mengusung tema “Membentuk generasi PMR yang berkarakter dengan kreasi dan karya dalam kebersamaan” dengan 10 cabang lomba yang diperebutkan oleh 45 tim peserta lomba. Pada ACIPRAJA 2020 pelaksanaannya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan secara teknis dilaksanakan secara offline yaitu di SMAN 19 Surabaya karena pandemi Covid-19 belum terdapat kasus di Indonesia. Diantara 45 tim sekolah yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini, PMR Sixteen berhasil menjadi Juara Umum dengan memperoleh prestasi 1 pada cabang lomba Kepemimpinan dan prestasi 1 pada Fun Games. Siswa yang berpartisipasi pada ACIPRAJA 2020 diantaranya yaitu Marvel Berlian Nurfitria, Najwa Savitri Hadi, Zahra Rizq Verdylia, Anggita Ainun Nisa, Citra Fadhilah, Nadhira Tjahya Kamila, Roy Yacob Sitopu, Maria Ardiningsih Pandin, Jezyka Reza Ariyani Putri Riyono, Andy Galih Aria Saputra, Rahmalia Fitri Azizah, Angel Kusuma Dewi, Faradila Filoshovia Firdaus, Hanum Martha Zuhriya, Nisrina Nur Maulidyah, Septiani Putri Nabilah, Efrilia Devi Rahmanita, Rahmat Aufar Dwi Purnama, Maritza Fiorenza Vala Shafira, Natasya Dewi Arianna, dan Ronan Adhika Aryasatya yang merupakan siswa kelas X dan XI pada tahun 2020.

Sedangkan untuk ACIPRAJA 2021 mengusung tema “Menciptakan generasi PMR yang berwawasan sosial serta dapat berinovasi di tengah pandmi covid-19 dengan menjunjung tinggi sportifitas” dengan 8 cabang lomba yang diperebutkan oleh 25 tim peserta lomba. Pada ACIPRAJA 2021 pelaksanaannya dilakukan secara daring memalui aplikasi Google Meet akibat dari adanya pandemi covid-19 yang terdapat di Indonesia. Diantara 25 tim sekolah yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini, PMR Sixteen Kembali berhasil menjadi Juara Umum dengan memperoleh Prestasi 1 Siaga Bencana, Prestasi 1 Kepemimpinan, Prestasi 3 Cerdas Cermat, dan Prestasi 2 Pertolongan Pertama. Luar biasanya lagi, anggota PMR Sixteen yang ikut serta pada tahun ini merupakan full siswa kelas X diantaranya yaitu Sinara Meyda Setio Putri, Diva Mutiara Kamila, Ramadhani Dewi syaa’dha, Galuh Maulida Intan Permatasari, Cahyani Dini Setiowati, Safira Indah Setianingsih, Fadhea Salfinabila Arianti, Penta Aji Purnama, Zahrina Rachmania Maharanie, Magisterini Victoria Drupadi, Renata Defita Morrela, Neysa Naurah Rahmawati, Elok Mar’atus Sholichah, Asnia Rizki Maghfiroh, Ajeng Nawangsari, dan Binar Maharani Santoso Siwi.

Adanya prestasi dari siswa SMAN 16 Surabaya khususnya Ekstra Palang Merah Remaja ini sekali lagi menjadi bukti bahwasannya Sixteen senantiasa dapat mencetak insan yang berkualitas sesuai dengan jargon sekolah “CERDAS BERSINAR” yang selalu dapat memotivasi para peserta didiknya untuk tetap dapat berprestasi kapanpun, dan dimanapun termasuk dalam era pandemi seperti sekarang ini.