(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Belajar merupakan kewajiban bagi setiap pelajar. Belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan melalui media apa saja tak hanya melulu mengharuskan belajar di sekolah atau mendengarkan penjelasan dari Bapak/Ibu Guru. Semakin banyak media atau sumber belajar yang digunakan maka akan semakin menambah pengetahuan seorang pelajar tersebut, seperti yang dilakukan oleh Ainun dan Elrond ini merupakan dua peserta didik dari kelas yang sama yakni XI IPA 8.

Semua civitas academica pasti mengenal dua siswa tersebut yang selalu mencetak prestasi yang luar biasa bagi sekolah tercinta yakni SMAN 16 SURABAYA. Dua siswa tersebut Ainun dan Elrond merupakan siswa yang selalu ingin terus dan terus belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan mencetak prestasi-prestasi yang gemilang. Kabar mengejutkan kali ini dua siswa tersebut berhasil mengharumkan nama SMAN 16 SURABAYA melalui ajang Kompetisi yang sama yakni TRY OUT KSN-K (Kompetisi Sains Nasional) SMA/MA/Sederjat. TRY OUT KSN-K Kompetisi Sains Nasional yang dilaksanakan pada Hari Minggu 28 Februari 2021 ini diselenggarakan oleh Science Edu yang merupakan ajang untuk melatih kemampuan peserta didik dalam bidang tertentu sesuai dengan yang mereka tekuni serta sebagai persiapan bagi mereka untuk menghadapi kompetisi sains nasional tingkat kota diwaktu mendatang. Beberapa bidang yang bisa dipilih yakni seperti: bidang matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, geografi, kebumian, astronomi, dan juga komputer. Teknis pengerjaan Try Out tersebut peserta didik diminta untuk mengerjakan soal sejumlah 25 butir soal dengan sistem penilaian untuk soal terjawab benar mendapat skor 4, soal terjawab salah mendapat skor -1 dan soal tidak terjawab mendapat skor 0. Peserta yang mendapat skor sama akan dilihat berdasarkan waktu pengerjaan dan pengumpulan tercepat.

Pada Try Out KSN-K kali ini, Ainun dan Elrond memilih bidang yang sama yakni bidang komputer dan mereka berhasil masuk dalam kategori 30 besar dari ratusan peserta lain yang mengikuti Try Out ini. Pada kategori 30 besar ini Ainun berhasil memperoleh Rangking 1 dengan perolehan skor sebesar 71 dan mendapat penghargaan Medali Emas, kemudian untuk Elrond berhasil memperoleh Rangking 28 dengan perolehan skor sebesar 30 dan mendapat penghargaan berupa Medali Perunggu. Kabar yang menggembirakan terkait prestasi yang diraih oleh Ainun dan Elrond ini sekaligus membawa sebuah harapan yang besar kedepannya bagi seluruh civitas academica SMAN 16 SURABAYA agar kedepannya mampu memotivasi peserta didik lainnya untuk turut berprestasi mengharumkan nama SMAN 16 SURABAYA dengan mencetak peserta didik yang berkualitas.