(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Pada tanggal 24 dan 25 Februari 2021 SMAN 16 Surabaya melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). LDKS dilaksanakan setelah adanya pergantian pengurus OSIS dan MPK SMAN 16 Surabaya yang baru yaitu OSIS dan MPK periode 2021-2022. Berbeda dengan LDKS pada tahun-tahun sebelumnya, LDKS pada tahun ini dilaksnakan secara online/daring melalui aplikasi Google Meet dengan para pesertanya mengikuti kegiatan dari rumah masing-masing dan hanya beberapa siswa saja yang hadir ke sekolah sebagai perwakilan panitia dan peserta namun tetap dengan protokol Kesehatan yang ketat. Pertimbangan LDKS yang dilaksanakan secara online/daring merupakan salah satu wujud usaha dan juga kepedulian SMAN 16 Surabaya kepada seluruh civitas akademika sekolah dan mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Latihan Dasar Kepemimpinan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk melatih dan membangun jiwa kepemimpinan siswa agar dapat semakin berkembang serta mampu memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Dengan mengusung tema “Membentuk Karakter Pemimpin Berkualitas, Akademis, Berkompeten, Bertanggung Jawab, dan Berdedikasi” diharapkan para pengurus OSIS dan MPK SMAN 16 Surabaya mampu mengilhami dan mempraktikkan karakter pemimpin sesuai tema kegiatan yang trcantume dalam kehidupan berorganisasi maupun kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di masyarakat pada umumnya.

LDKS SMAN 16 Surabaya dilaksanakan online diikuti 100 peserta pada hari Rabu 24 Februari 2021 yang dimulai pada pukul 07.00 WIB dan dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah SMAN 16 Surabaya Hj.RA.Roosdiantini, S.Pd.,M.Pd sekaligus memberikan sambutan. LDKS Sixteen diisi oleh pemateri dari Guru dengan materi diantaranya yaitu Materi Kebijakan Sekolah, Kepemimpinan dan Pembinaan OSIS-MPK, Teknik Menyusun Proposal dan Laporan Kegiatan, Gaya Kerja Dalam Organisasi, dan Teknik Berpikir Prestatif. Selain materi inti, juga dilaksanakan sesi games dan juga sharing yang dipandu oleh para panitia kegiatan agar kegiatan LDKS semakin manarik. Secara keseluruhan acara LDKS berjalan lancar meski harus dilaksanakan secara online/daring ditengah kondisi pandemic Covid-19. Acara LDKS diakhiri pada tanggal 25 Februari 2021 dan secara resmi ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana Bapak Suhada, S.Pd.,M.Pd.

Harapan Ibu Dra. Tri Mintaju selaku Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan dengan adanya kegiatan ini yaitu diantaranya mampu menambah wawasan pengurus OSIS dan MPK tentang bagaimana cara berorganisasi yang baik, menumbuhkan dan meningkatkan potensi yang dimiliki oleh siswa, serta terbentuknya karakter siswa yang semakin berkualitas diMasa Pandemi.  SIXTEEN ! CERDAS BERSINAR !!! . (Ek.)