(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Satu lagi prestasi ditorehkan oleh salah satu siswa SMA Negeri 16 Surabaya, atas nama Kenanya Keandra (Ketua), Abyan Dhia Pratama (Anggota), dan Mochamad Agung Sudrajat (Anggota) dalam kompetisi Game Development yang diadakan oleh ITS. Kompetisi tersebut bernama MAGE.

MAGE (Multimedia and Game Event) adalah serangkaian acara dibidang IT yang diadakan oleh Departemen Teknik Komputer – FTEIC ITS Surabaya. Terdapat enam cabang acara utama yaitu Olimpiade, DevCom, E-Sport, Workshop, Exhibition, dan Talkshow.Lomba diadakan berskala Nasional. Tim Kenanya dkk mengikuti lomba Development Competition (Kompetisi membuat aplikasi dibidang IT) yang dibagi lagi menjadi beberapa cabang IOT (Internet of Things), App Development dan Game Development. Nama tim Kenanya dkk adalahTrident Dev, memiliki logo seperti trisula, yang mengandung makna, “walaupun kami memiliki banyak perbedaan ego dan latar belakang (ujung trisula), namun kami tetap disatukan oleh tujuan yang sama (pangkal trisula)”.

Lomba diadakan mulai tanggal 16 September 2020 – 15 November 2020. Adapun timeline dan tahapan kompetisi tersebut adalah sebagai berikut:

Tahap 1 : Proposal (Deadline 16 September 2020)

Tahap 2 : Hasil Karya dan Video (Deadline 3 November 2020)

Tahap 3 : Final – Presentasi dan Penjurian (15 November 2020)

Adapaun tahapan seleksinya adalah sebagai berikut.

  1. Tahap 1 :

Peserta akan diminta untuk membuat proposal mengenai game yang akan dibuat. Penilaian berupa konsep dari game, inovasi, game mechanics, ketentuan proposal dari MAGE.

  1. Tahap 2 :

Peserta akan langsung membuat game dan harus sesuai dengan proposal yang ada pada tahap 1. Lalu peserta juga akan membuat video trailer dari game tersebut. Penilaian Game : Kesesuaian dengan proposal, estetika game, UI/UX, Optimisasi, dan level design. Video Trailer : Sound, estetika video, dan kejelasan video.

  1. Tahap 3 :

Peserta yang dinyatakan lolos pada tahap 2, akan langsung melakukan presentasi didepan juri.

Setelah melalui serangkaian tahap tersebut, maka diumumkan tiga pemenang utama dan Tim Kenanya dkk memperoleh Juara 1. Luar Biasa. Adapun rincian pemenang GameDev pada Mage 6  adalah sebagai berikut:

Juara 1 : TridentDev (SMAN 16 Surabaya)

Juara 2 : Bombi (SMK Telkom Malang)

Juara 3 : π Saga (SMKN 2 Kediri)

Pemenang dalam kompetisi tersebut akan mendapatkan hadiah sebagai berikut.

Umum : Sertifikat Juara

Juara 1 : Rp 3.000.000,00

Juara 2 : Rp 2.000.000,00

Juara 3 : Rp 1.000.000,00

Ide Brillian Tim Kenanya dkk tentang Game Development akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut.

Judul                  : LOST : The Day I’ve to Change

Genre                : Mystery, Puzzle, Adventure, Sci-Fi

Story                  : Bercerita tentang anak berumur 10 tahun yang bernama Baskara Raya yang merupakan anak yang penakut dan cengeng, hal ini dikarenakan ia kehilangan sosok ayah sejak dia berumur 2 tahun. Di suatu malam terjadi ledakan kosmik yang mengakibatkan kebakaran besar dan kerusuhan dimana – mana, termasuk di daerah tempat tinggal Raya. Dan saat dia terbangun di pagi hari ia terkejut ternyata semua orang telah menghilang termasuk ibu nya yang dia sayangi, dan dari sinilah Raya yang merupakan manusia satu – satunya yang tersisa di bumi harus akan melawan sifatnya sendiri untuk memecahkan misteri dan menyelamatkan umat manusia.

Inti Gameplay   : Di game kami ini nanti nya pemain akan bermain sebagai Baskara Raya (Raya) yang berusaha memecahkan misteri mengapa semua orang menghilang, Seperti pada genre, disini Raya akan dihadapkan dengan banyak sekali variasi puzzle/teka – teki yang harus dipecahkan untuk mendekat ke sebuah kebenaran, mulai dari riddle inggris, riddle matematika, logika sederhana, membuat ramuan, dan mengumpulkan benda. Pemain nanti nya akan ditemani oleh sebuah catatan misterius yang dapat menuntun para pemain dan memudahkan pemecahan teka – teki di game ini. Dan diakhir game ini pun Raya juga akan bertemu sesosok yang merupakan dalang dibalik semua ini, dan melawan nya.

 

Kebanggaan luar biasa bagi keluarga SMA Negeri 16 Surabaya terhadap prestasi Kenanya dkk. Dengan torehan prestasi ini, Kenanya dkk bisa membuktikan bahwa kecintaannya pada game online tidak hanya membawa dampak buruk yang selama ini di stigmakan pada seorang gamers. Justru sebaliknya, Kenanya dkk bisa berprestasi melalui apa yang ia sukai. Sungguh pencapaian yang diimpikan banyak orang. Semoga cerita ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi Sixteenangers lainnya. Selamat sekali lagi Kenanya dan kawan-kawan!