(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Kamis, 12 November 2020. Dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi SAW, SKI, salah satu ekstrakurikuler kerohanian SMA Negeri 16 Surabaya mengadakan acara rutin tahunan yaitu Tabligh Akbar Tahun 2020 dengan tema “Pandemi Covid-19, Jadi Momentum Penguatan Iman dan Karakter Peserta Didik”. Acara tahun ini sedikit berbeda karena ditengah-tengah kondisi pandemi COVID-19. Sehingga SKI dan bapak ibu guru, khususnya waka bidang kesiswaan membijaksanai yaitu dengan mengadakan acara Tabligh Akbar secara virtual. Kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang dilaksanakan pertama kali dan satu-satunya oleh SMA di Surabaya bahkan mungkin di Jawa Timur. Oleh karena itu, tidak heran jika persiapan yang matang sudah dilakukan jauh-jauh hari, kurang lebih satu sampai dua bulan sebelum acara.

Pagi itu, dengan diiringi suasana syahdu karena langit Surabaya yang mendung, maka kegiatan sholat Dhuha yang dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB dengan dipimpin oleh Bapak Zaqqi, salah satu guru PAI SMA Negeri 16 Surabaya terasa sangat khusyuk dan sakral. Selanjutnya, pada pukul 08.00-08.30 WIB dengan dipimpin oleh Bapak Najikh, maka istighosah bersama telah dimulai. Peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing ketua kelas, panitia siswa, dan panitia guru sudah berkumpul sejak pagi. Sembari mempersiapkan acara dan tetap mengikuti kegiatan yang berlangsung dengan baik.

Tepat pukul 08.30 WIB, MC acara yaitu Bryan dan Sevila mulai membuka acara. Setelah membacakan susunan acara, maka dilanjutkan dengan pembacaan tartil oleh Ust. Ahmad Satun Al Qowarir, S.HI, M.HI  dan sari tilawah oleh Dewi Akmali dari kelas XI MIPA 6. Suara merdu lantunan ayat suci Al-Qur’an dipadu dengan gemericik air hujan yang tidak terlalu lebat, seolah menjadi saksi bahwa para malaikat menyaksikan dengan khidmat acara Tabligh Akbar tersebut. Memasuki pukul 08.50, acara sambutan-sambutan pun dimulai. Sambutan yang pertama yaitu dari Ahmad Haqul Yaqin, selaku ketua Panitia Acara Tabligh Akbar Tahun 2020. Sambutan yang kedua yaitu dari Kepala SMA Negeri 16 Surabaya, Ibu Hj. RA Roosdiantini, S.Pd.,M.Pd. Beliau menyambut baik dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja demi terselenggaranya acara Tabligh Akbar Virtual Tahun 2020 dengan lancar dan sukses.

Pada kesempatan itu pula, Bu Ninik, begitu sapaan akrab beliau, secara simbolis memberikan santunan dana pendidikan kepada siswa-siswi yang membutuhkan bantuan. Total dana pendidikan yang diperoleh adalah sebesar Rp 10.000.000. Dana pendidikan ini merupakan bentuk partisipasi dari Alumni Rohis sebesar Rp 5.000.000, dan dari Komite SMAN 16 Surabaya serta Bapak/Ibu Wali Murid sebesar Rp 5.000.000. Dana pendidikan ini akan disalurkan kepada siswa SMAN 16 Surabaya kelas X, XI, dan XII. Karena kondidi yang tidak memungkinkan, maka santunan akan dibagikan usai pelaksanaan Tabligh Akbar 2020. Selain itu, Organisasi Dharma Wanita SMA Negeri 16 Surabaya juga memberikan santunan berupa kuota internet kepada siswa-siswi yang membutuhkan.

Sekitar pukul 09.10, Acara puncak Tabligh Akbar Virtual 2020 yaitu Tausiah dari Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa, M.Si dimulai. Beliau merupakan Guru Besar IAIN Sunan Ampel Surabaya dan saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Kediri untuk periode 2019-2023. Sungguh suatu kehormatan bagi SMA Negeri 16 Surabaya sehingga dapat mengundang beliau sebagai pembicara untuk diserap segala ilmu baiknya. Selama hampir satu setengah jam mengisi Tausiah dengan tema Pandemi Covid-19, Jadi Momentum Penguatan Iman dan Karakter Peserta Didik. Maka, beliau berpesan agar kita dapat instropeksi diri di tengah-tengah pandemi dan memanfaatkan momen ini sebagai waktu untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Karena sesungguhnya bencana terbesar manusia adalah ketika ia meninggal tidak dalam keadaaan Khusnul Khotimah. Oleh karena itu, kita harus selalu ingat nasihat utama orang-orang dahulu yaitu HORMATI KEDUA ORANG TUAMU! Niscaya hidupmu akan lancar dan berkah. Aamiin.

Sekitar pukul 10.30 WIB, acara pemberian cindera mata dan sesi foto bersama dilaksanakan. Seluruh peserta yang hadir diberikan kesempatan untuk foto bersama. Setelah itu diputarkan video persembahan dari ROHIS dan acara Tabligh Akbar ditutup oleh MC. Pada kesempatan itu pula, SKI menyosialisasikan lomba IKSI (Intelektual, Kepemimpinan, dan Seni Islam) kepada 900-an peserta yang hadir secara virtual zoom pada Tabliq Akbar 2020 kali ini. Dengan selesainya acara tersebut, maka ucapan Alhamdulilah tak henti-hentinya terucap dari panitia Tabligh Akbar 2020. Mereka mengucap syukur atas segala kelancaran dan sejarah baru yang diukir SMA Negeri 16 Surabaya karena telah berhasil menyelenggarakan acara Tabligh Akbar Virtual Tingkat sekolah untuk pertama kalinya dan satu-satunya di Surabaya. Jaya selalu SIXTEEN. Kita akan tetap CERDAS BERSINAR!