(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Pada Tanggal 9 November 2020, Bapak Lutfi selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Provinsi Jawa Timur Kabupaten Sidoarjo Kota Surabaya  berkunjung di SMAN 16 SBY dalam agenda silahturami sekaligus foto bersama dengan Ibu kepala SMA Negeri 16 Surabaya beserta  bapak/ibu wakil kepala sekolah, staff,  bapak/ibu guru, dan perwakilan dari OSIS-MPK.

Acara dimulai pukul 07.30WIB dipandu oleh Bapak Reza, selaku pembawa acara.Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Najikh, sambutan dari Ibu Roosdiantini selaku Kepala SMA Negeri 16 Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, beliau memperkenalkan bapak/ibu guru satu per satu dari bapak/ibu waka, staff, termasuk pengurus OSIS-MPK.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai acara pemilos tahun 2020 oleh Bu Tri Mintaju dan pengurus MPK. Beliau menjelaskan bahwa program pemilosmerupakan program inovasi dari SMA Negeri 16 Surabayadan satu-satunya di Surabaya. Kegiatan pemilos merupakan perwujudan dari pemilu tingkat sekolah. Ibu Tri Selaku Waka Kesiswaan juga menjelaskan bahwa pemilos dimulai pada tahun 2012 lalu yang mencontoh pemilu sebenarnya dengan membentuk PPO (Panitia Pemilihan Osis), KPPS, dan juga memiliki kotak suara sendiri.

Di tahun 2012 SMA Negeri 16 Surabaya  masih meminjam KPU untuk kotak suara tetapi tahun berikutnya sudah memiliki kotak suara sendiri. Hingga sudah biasa untuk dipinjam oleh universitas dan sekolah-sekolah lain. Pemilos pun mencontoh pemilu pada umumnya hingga Tahun 2019 lalu, publikasi yang dilakukan dengan mengundang media massa untuk meliput kegiatan yang diadakan. Namun di tahun 2020, akibat pandemi Covid-19, pemilos 2020 diadakan berbeda dengan tahun sebelumnya memanfaatkan media online seluruhnya mulai dari rangkaian awal hingga akhir.

Selanjutnya, Bapak Reza membacakan prestasi Ainun Nadhifah Syamsiyah / 11 IPA 8 (Red: Sekitar 30 prestasi akademik). Dalam kesempatan tersebut, Ainun menjelaskan kiat-kiat bagaimana dapatmemenangkankejuaraan di berbagai ajang nasional dan internasional. Salah satunya dengan management waktu mulai dari bangun pagi, Ainun akan belajar setelah sholat subuh sebelum PJJ, setelah PJJ-pun dia belajar hingga jam 11 malam, di selah sore hari dia melakukan relaksasi agar tidak stress sebelum belajar kembali. Ainun ingin memasuki tim nasional indonesia namun sebelum berhasil bergabung dia harus melewati tim dari kota dan provinsi.

Setelah itu Bapak Lutfi kemudian dipersilahkan untuk sambutan dimana beliau menyampaikan bahwa SMA N 16 Surabaya sangat luar biasa, dari berbagai prestasi tersebut beliau sangat kagum terutama dengan prestasi Ainun dan juga inovasi pemilos. Beliau menyampaikan perihal bagaimnaa bu kepala sekolah menghubungi beliau untuk silahturami ke SMAN 16 Surabaya. Bapak Lutfi mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban beliau secara pribadi untuk menghadiri undangan dari sekolah. Hal ini sejalan dengan tujuan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yaitu memajukan SMA/SMK yang ada di kota Surabaya dan hal ini tidak akan terwujud tanpa bantuan Bapak Ibu Guru.  Kemudian acara berakhir sekitar pukul 09.30 WIB, ditutup oleh pak reza sekaligus dilanjutkan sesi foto bersama dan ramah tamah.