(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Dharma Wanita adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dharma Wanita ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999 pada sebuah rapat nasional. Tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional. Sebagai organisasi yang diusung untuk tujuan bersama, Dharma Wanita memiliki tugas pokok yaitu “Membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur”.

Anggota organisasi Dharma Wanita adalah semua istri PNS di Indonesia yang meliputi istri PNS, istri pejabat negara bidang pemerintahan, istri pensiunan dan janda PNS, istri pegawai BUMN atau BUMD, istri pensiunan atau janda pegawai BUMN atau BUMD, istri kepala perwakilan Indonesia di luar negeri, istri perangkat pemerintah desa, istri TNI, istri POLRI, dan pensiunan PNS wanita.

SMA Negeri 16 Surabaya sebagai lembaga pendidikan pun memiliki organisasi Dharma Wanita lengkap beserta dengan pengurusnya. Pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 diselenggarakan rapat koordinasi sekaligus pergantian pengurus Dharma Wanita Tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan di ruang guru dengan dihadiri oleh ibu guru, tenaga kependidikan wanita, dan istri dari bapak-bapak guru SMA Negeri 16 Surabaya.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, dengan Bu Yanti ditunjuk sebagai pembawa acara. Rangkaian acara dimulai dari doa pembuka, sambutan dari Ibu Penasihat Dharma Wanita SMA Negeri 16 Surabaya dalam hal ini Ibu Hj. RA. Roosdiantini, S.Pd.,M.Pd, selaku Kepala SMA Negeri 16 Surabaya. Beliau sudah berkecimpung hampir 25 tahun di organisasi Dharma Wanita. Sempat menjabat sebagai Sekretaris Dharma Wanita Propinsi Jawa Timur sejak Tahun 2016 dan purna di tahun 2020 ini. Bu Ninik, begitu panggilan akrab beliau, memberikan paparan yang sangat bermanfaat mulai dari bagaimana standar berpakaian untuk seragam Dharma Wanita sampai dengan Hymne dan Mars Dharma Wanita.

Selanjutnya sambutan dari ketua lama Dharma Wanita SMA Negeri 16 Surabaya yaitu istri dari Bapak Hirman yang sebentar lagi sudah purna, kemudian dilanjutkan dengan sambutan lain yaitu laporan anggaran dana dari bendahara, bidang ekonomi, dan pendidikan. Acara berlangsung dengan seru dan menyenangkan karena diiringi dengan gelak canda dari para ibu-ibu peserta yang hadir. Ditambah dengan adanya praktik membuat bunga hiasan dari stoking warna warni yang sangat menarik dan dapat menambah pengetahuan baru para anggota Dharma Wanita.

Di akhir acara diumumkan lah daftar pengurus baru yang diamanahkan untuk mengelola Dharma Wanita SMA Negeri 16 Surabaya mulai tahun 2020. Adapun susunan utamanya yaitu sebagai berikut:

Penasihat                                 : Hj. RA Roosdiantini S.Pd.,M.Pd

Ketua                                      : Ny. Abdul Rozzaq (Enny Yolanda)

Wakil Ketua                            : Ibu Sammy Purnami

Semoga dengan adanya regenerasi pengurus Dharma Wanita SMA Negeri 16 Surabaya dapat dijadikan sebagai awal baru untuk kegiatan positif demi pemberdayaan perempuan-perempuan di lingkungan civitas SMA Negeri 16 Surabaya. AAMIIN.