(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Berbagai persoalan bangsa terutama dibidang sosial ekonomi seperti kemiskinan, pengangguran dan kecemburuan sosial bisa dipecahkan melalui penciptaan lapangan kerja.Untuk itu dunia bisnis harus digerakkan, dan pihak yang berperan  penting  dalam hal ini  adalah para entrepreneur atau wirausaha. Namun pengembangan wirausaha tidaklah mudah, karena tidak  bisa dibangun dalam waktu singkat dan harus sudah dimulai sejak usia dini. Oleh karena itu berbagai macam kegiatan dalam bidang kewirausahaan dengan target pelaku adalah siswa SMA/SMK banyak diselenggarakan, salah satunya dari Prestasi Junior Indonesia.

Prestasi Junior Indonesia adalah bagian dari salah satu LSM yang melayani pemuda terbesar di dunia, Junior Achievement Worldwide, yang mempersiapkan kaum muda untuk bekerja dan berwirausaha.Selama 100 tahun, JA telah memberikan pembelajaran langsung, pengalaman dalam kewirausahaan, kesiapan kerja, dan literasi keuangan. Kami menciptakan jalur untuk kelayakan kerja, penciptaan lapangan kerja, dan kesuksesan finansial. Sejak 2014, Prestasi Junior Indonesia telah melayani lebih dari 260.000 siswa di 37 wilayah di Indonesia melalui kemitraan inovatif antara komunitas bisnis, instruktur, dan relawan.Pada tahun 2019, JA Worldwide, termasuk jaringan kami di 117 negara, diakui sebagai LSM terbaik ke-7 di dunia oleh Penasihat LSM yang berbasis di Jenewa. Prestasi Junior Indonesia telah lulus proses uji tuntas dari Silicon Valley Community Foundation dan terdaftar sebagai jaringan mitra amal Give2Asia.

Global Entrepreneurship Index (GEI) 2018 lewat riset yang mengukur kualitas dan dinamika ekosistem kewirausahaan suatu negara, menempatkan Indonesia di posisi ke-94 dari 137 negara di dunia. Sementara, negeri tetangga; Thailand, Malaysia, terlebih Singapura, jauh berperingkat lebih tinggi. Laporan tersebut secara rinci mengindikasikan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Indonesia untuk memulai bisnis masih tergolong rendah. Inilah yang mendorong Prestasi Junior Indonesia mengimplementasikan program Student Company (SC) dan menggagas “Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2020”. Program ini merupakan pemberdayaan generasi muda melalui peningkatan kemampuan serta keterampilan berwirausaha. Masing-masing sekolah telah menerima dukungan dari sejumlah perusahaan yang terlibat sebagai mitra sponsor program, antara lain Citi Indonesia (Citibank), Caterpillar Foundation, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) dan Yayasan Pendidikan Jaya.

Pembelajaran langsung bisnis ISCC 2019 dan program perusahaan siswa (JA Student Company) menerapkan metode implementasi terkini dengan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran bisnis aplikatif yang menempatkan mereka pada posisi strategis dalam pelaksanaan bisnis, sekaligus sebagai pengambil keputusan dan pemecah masalah. Program JA Student Company diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Boston, Amerika Serikat, bertujuan meningkatkan kompetensi dan daya saing generasi muda dalam berwirausaha, serta menciptakan perbaikan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Di Indonesia, kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia berfokus pada pemberdayaan generasi muda, dalam hal edukasi dan literasi keuangan serta memberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan. Peran generasi muda untuk masa depan perekonomian Indonesia sangatlah penting. Karenanyamelalui mentoring, peningkatan pengetahuan dan kompetensi kalangan muda secara berkelanjutan, salah satunya lewat inisiatif Student Company, dapat membantu pertumbuhan wirausahawan muda di Indonesia.

SMA Negeri 16 merupakan salah satu peserta dalam lomba ISCC 2020 dengan nama perusahaan “RASENDRIYA SC”. Rasendriya SC adalah perusahaan yang berfokus pada ecopreneur, yang dioperasikan oleh siswa SMAN 16 Surabya, Jawa Timur, Indonesia. Sebagai perusahaan berbasis ecopreneur, Rasendriya SC ingin mencari cara alternatif untuk mengolah limbah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dan ramah lingkungan dalam bentuk dua produk yaitu pewarna dari limbah cangkang telur dan lampu belajar dari limbah kayu.

Adapunformasitimuntuk RASENDRIYA SC pada ISCC 2020 yang diselenggarakan mulai 26 February – 29 Agustus 2020 ( likuidasiakandilaksanakanpada 6 September) adalahsebagaiberikut:

  • DamayantiFiqih (PresidenRasendriya SC)
  • LuthfanAryananda ( Corporate secretary)
  • Farah Zamir ( VP of Public Relation )
  • Salman Adinata ( VP of Finance)
  • AzraRaisya ( VP of HRD)
  • IzzatiAddina ( Payroll and attandance Manager)
  • InovanRizky ( VP of Production )
  • NaiaNajwa ( Production manager)
  • Muhammad Rendy ( Production manager)
  • Edgar Daffa ( production manager)
  • Arya Kanaka ( Production manager )
  • Elrond rafsa ( Quality Control manager)
  • AzzahraMeydina ( VP of Marketing)
  • Aderina Naomi ( sales manager)
  • Muhammad Restu ( sales Manager)
  • FalahDevara ( market Research)
  • Nuraininlarasati ( Inventory manager)

Akibat kondisi pandemi COVID-19, maka hasil final regional Sidoarjo-Surabaya dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 melalui channel Youtube, berikut hasil prestasi yang diperoleh SMA Negeri 16 Surabaya dalam ISCC 2020:

– Best Student Company 2020 Region Surabaya-sidioarjo

–           – Best VP of finance

– Best spirit members

– Runner up JA Titans

Hal tersebut berarti SMA N 16 Surabaya melalui Rasendriya SC berhasil mewakili Sidoarjo-Surabaya pada ISCC 2020 tingkat Nasional. Wah! Luar Biasa! Semangat selalu sixteenangers! Kita memang CERDAS BERSINAR