(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

JA Titan merupakan salah satu program kompetisi yang diselenggarakan Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Hawlett-Packard (HP) yang memungkinkan siswa untuk mengoperasikan perusahaan virtual melalui simulasi berbasis Web seperti games. Keberhasilan siswa bergantung pada keputusan tentang harga produk mereka dan pemasaran, penelitian dan pengembangan, serta praktik bisnis perusahaan mereka. Menang atau kalah, siswa memperoleh pemahaman tentang bagaimana keputusan manajemen memengaruhi keuntungan perusahaan.Siswa memasukkan keputusan tentang harga, produksi, pemasaran, investasi modal, dan penelitian dan pengembangan. Dampak dari keputusan mereka akan mengarah pada keberhasilan atau kegagalan masing-masing perusahaan Generator Holo.Versi JA Titan yang berbasis ruang kelas menawarkan rencana pelajaran, kontrol administrator, dan skenario ekonomi. Ini hanya tersedia melalui kantor JA setempat. Namun, sebagian dari situs ini tersedia untuk masyarakat umum di http://titan.ja.org.

SMA N 16 Surabaya mengirimkan dua perwakilannyadalamlomba JA Titan 2020 yaitu Falah dan Efrond. Padatanggal 7 Juli, semuapesertabergabungkedalam online meeting dandiperkenalkantentang game JA Titan. Dalam meeting tersebut dijelaskan caramemainkan JA Titan, semua scenario untuktemapermainan, danjadwalperlombaan. Perlombaanmulaidiadakandaritanggal 27 Julisampai dengan 30 Juli. Sebelumnya pesertadapat melakukanlatihandenganmemainkan JA Titan 3.0 khususbagian public edition yang hanyamemiliki scenario standart. Padatanggal 21 Juli, pesertakhususdaerah Surabaya – sidoarjodiperkenankanuntukmengikutilatihanlomba JA Titan dengansalahsatu scenario untukperlombaan.

Padatanggal 28 Juli, diadakanbabakpenysisihan di daerahIndonesia Utara yang diantaranyaada Surabaya, Semarang, Denpasar, danBojonegoro.Padababakpenyisihanpertama ,diambildua orang teratasdaridelapan orang tiapkelompokuntukmajuke semifinal. SaatituFalah dan Elfrondloloske semifinal denganperingkatkeduadarikelompok yang berbeda.

Semifinal diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2020. Terdapat 2 sesi yaitu:

  • Sesipertamaterdapat8 orang tiapkelompokuntukdiambil 5 orang peringkatteratas, selanjutnya masuk.
  • Sesikeduaterdapat 5 orang tiapkelompokuntukdiambil2 orang peringkatteratasuntukmasuk final.

Hasil semifinal mengantarkan Falah untuk lanjut ke final, sedangkan Elfrond harus terhenti langkahnya. Selanjutnya padatanggal 30 Juli diselenggarakan babak final yang disaksikanolehpihakdari PJI dan HP Indonesia. Permainandibuatberbedadenganbiasanya.Pesertadimasukkankedalamkelompok yang berisi komputer dan diadakan tiga sesi. Hasil final menyatakan bahwa Falah keluar sebagai RUNNER UP dengan point sebesar 318. Wah! Selamat Falah! Sangat Membanggakan.