(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

MasaPengenalanLingkunganSekolah (MPLS), jugadikenalsebagai MasaOrientasiSiswa (MOS) atau MasaOrientasiPesertaDidikBaru (MOPD), merupakansebuahkegiatan yang umumdilaksanakan di sekolahsetiapawaltahunajarangunamenyambutkedatanganparapesertadidikbaru. Masaorientasilazimdijumpai di tingkat SMP dan SMA.Hampirseluruhsekolahnegerimaupunswastamenggunakancaraituuntukmengenalkanalmamaterpadapesertadidikbaru. Pada perguruantinggi, kegiatanserupadikenaldengan OrientasiStudidanPengenalanKampus (disingkatOspek).

MPLS dijadikansebagaiajanguntukmelatihketahanan mental, disiplin, danmempererattalipersaudaraan.MPLS jugaseringdipakaisebagaisaranaperkenalansiswaterhadaplingkunganbaru di sekolahtersebut.Baikituperkenalandengansesamasiswabaru, senior, guru, hinggakaryawanlainnya di sekolahitu.Takterkecualipengenalanberbagaimacamkegiatan yang adadanrutindilaksanakan di lingkungansekolah.

Padakebanyakansekolah, biasanya MPLS sepenuhnyadilaksanakanolehkelompoksiswa yang tergabungdalam OrganisasiSiswaIntrasekolah (OSIS) dengan guru sebagaipihakpengawas, asistendanpemantaukegiatanselama MPLS berlangsung.Di sekolahtertentu, terkadang MPLS hanyadilaksanakanolehpihak guru dankepalasekolahsaja, baikdenganatautanpabantuanketerlibatankelompok OSIS.

MengacupadaPermendikbudnomor 18 tahun 2016, tujuanMasaPengenalanLingkunganSekolahadalah:

  1. Mengenalipotensidirisiswabaru;
  2. Membantusiswabaruberadaptasidenganlingkungansekolahdansekitarnya, antara lain terhadapaspekkeamanan, fasilitasumum, dansaranaprasaranasekolah;
  3. Menumbuhkanmotivasi, semangat, dancarabelajarefektifsebagaisiswabaru;
  4. Mengembangkaninteraksipositifantarsiswadanwargasekolahlainnya;
  5. Menumbuhkanperilakupositifantara lain kejujuran, kemandirian, sikapsalingmenghargai, menghormatikeanekaragamandanpersatuan, kedisplinan, hidupbersihdansehatuntukmewujudkansiswa yang memilikinilaiintegritas, etoskerja, dansemangatgotongroyong.

MPLS Tahun 2020 berbeda karena adanya pandemi COVID-19, SMA Negeri 16 Surabaya mengadakan kegiatan MPLS secara daring/online dari rumah masing-masing. Adapun garis besar rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

  • PRA MPLS (Jumat, 10 Juli 2020)

Gladibersihpembukaan MPLS diikutiperwakilandaripesertadidikbaru

  • MPLS HARI PERTAMA (Senin, 13 Juli 2020)

PersiapanpembukaanMPLS oleh Ibu RA Roosdiantini, Menyanyikanlagu Indonesia Raya (Pembukaan MPLS_ Luring: Perwakilandarisiswa baru dan Daring: Siswa lain mengikutidarirumah), MateriWawasanWiyata Mandala, Materi program kesiswaandantatatertib, Materi OSIS/MPK, dan Pembinaan mental

  • MPLS HARI KEDUA (Selasa, 14 Juli 2020)

Persiapan, Menyanyikanlagu Indonesia Raya, PengenalanKurikulum, MateriBelajarEfektif, Materi OSIS/MPK, Mars SMA Negeri 16 Surabaya, dan MateriKepramukaan

  • MPLS HARI KETIGA (Rabu, 15 Juli 2020)

Persiapan, Menyanyikanlagu Indonesia Raya, Materikesadaranberbangsadanbernegara, MateriPendidikanKarakter, Materi OSIS/MPK, Materi Tata Krama, Penutupan MPLS

Seluruhnyamenggunakan platform Microsoft 365 melalui fitur TEAMS. Selama tiga hari kegiatan dan dilanjutkan kegiatan tambahan pada hari Kamis, 16 Juli 2020 yaitu pengenalan pengurus OSIS dan kegiatan ekstrakurikuler, seluruhnya berjalan dengan lancar. Selanjutnya pihak OSIS akan memonitoring tugas-tugas yang dikerjakan oleh peserta didik baru. Selamat bergabung menjadi keluarga Sixteenangers!