(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Sebanyak 400 ribu lebih peserta didik baru jenjang SMA/SMK Negeri dan Swasta di Jawa Timur, secara serentak mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin, 13 Juli 2020.MPLS yang dilaksanakan secara daring atau online tersebut dilaksanakan di 423 SMA Negeri dan 1.119 SMA Swasta serta pada 297 SMK Negeri dan 1.821 SMK Swasta di Jawa Timur.Pembukaan MPLS 2020 dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui sambungan video conference di Gedung Negara Grahadi.

SMA Negeri 16 Surabaya ditunjuk sebagai satu-satunya perwakilan SMA di Kota Surabaya dalam kegiatan tersebut. Persiapan pun dilakukan sejak hari Minggu, 12 Juli 2020 untuk pengecekan jaringan dan tempat pelaksanaan. Banner pun siap dipasang guna melengkapi terselenggaranya acara virtual pembukaan MPLS berjalan dengan lancar.

Pada acara tersebut, Ibu Khofifah dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menyampaikan perlu adanya penyesuaian-penyesuaian yang lebih baik. Tentunya harus lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Sehingga walaupun KBM secara luring, sesuai pada salah satu tujuan MPLS yaitu, terkait dengan pengenalan berbagai aspek pembelajaran pada satuan pendidikannya tetap dapat tercapai secara optimal.

Tujuan MPLS Melansir akun resmi Instagram Dinas Pendidikan Jatim, MPLS tahun ini bertujuan:

  1. Mengenali potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan
  6. Menumbuhkan kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong
  7. Membangun Pendidikan karakter melalui proses MPLS dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, dan bekerja keras
  8. Membangun kreatif mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungiawab
  9. Memahami dan melaksanakan protokol Kesehatan Covid-19 di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.