(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Perkembanganteknologiselaluberkembangsetiapsaat, sehinggaparapendidikdiharapkanuntukselalumeningkatkankompetensi yang berkaitandenganTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) . TeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) mengalamiperkembangan yang amatpesatdansecara fundamental telahmembawaperubahan yang signifikandalampercepatandaninovasipenyelenggaraanpendidikan.TIK iniakanmembantuparapendidikdalammelaksanakantupoksidanpengembangandirinya.

TIK memilikikemanfaatanantaralain (a) menyediakankesempatan yang sangatbesaruntukmengembangkanmanajemenpendidikandan proses pembelajaran di sekolah, (b) hasilbelajarpesertadidikdapatdiidentifikasidenganpemanfaatanteknologitersebut, (c) berpotensimentransformasikanseluruhaspekpendidikan di sekolahdanmemanfaatkannyauntukmencapaitujuan-tujuanpembelajaran.

Kondisi pandemi Covid menyebabkan mau tidak mau seluruh pendidik harus melek TIK. Salah satu aplikasi yang sedang tren saat ini adalah office 365. Microsoft office adalah program yang sangat familiar dan populer digunakan oleh pendidik. Berbagai versi dan edisi telah dirilis, tetapi ada hal yang berbeda dengan office yang dirilis terakhir, yakni office 365. Pada versi ini program office disediakan secara online. Versi office ini dapat digunakan apabila seseorang telah memiliki akun yang terafiliasi dengan Microsoft.

Pada hari kamis, 9 Juli 2020, SMA Negeri 16 Surabaya mengadakan workshop tentang aplikasi Office 365. Pesertanya adalah seluruh guru SMA Negeri 16 Surabaya. Sedangkan trainernya adalah Ibu Hepti, Ibu Erna, dan Ibu Tika. Para pesertamempelajaritentangbeberapaaplikasi yang disediakan di Office 365 sepertiRuang Kelas Online (Microsoft Teams), Formulir Daring (Microsoft Forms.), Presentasi Daring (Sway), dan alat yang dapat mendukung kolaborasi antara  pendidik dan siswa  memiliki    beragam    fitur    yang    dapat     dimanfaatkan  untuk menunjang pembelajaran (onenote class notebook).

Sebagian guru sudah mengenal aplikasi office 365 karena mengikuti pelatihan di luar sekolah. Namun, sebagian besar guru-guru belum mengenal dan memahami aplikasi di dalamnya terutama Teams. Oleh karena itu pembimbingan tetap dilakukan di luar workshop karena sesuai kesepakatan tim kurikulum, pembelajaran daring SMA Negeri 16 Surabaya menggunakan ruang belajar online pada fitur Microsoft Teams. Semangat selalu untuk belajar hal baru!