(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

PPDB merupakan langkah awal kegiatan di bidang pendidikan, khususnya pada pendidikan menengah, pendidikan khusus, dan layanan khusus menjadi kewenangan Pemerintah Propinsi. Pelakasanaan PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 perlu dipersiapkan secara matang dengan prinsip nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.
Pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan/atau prestasi. Sistem layanan PPDB dilaksanakan dalam dua mekanisme moda yaitu luar jaringan atau offline dan dalam jaringan (daring) atau online sebagai pertimbangan untuk kemudahan masyarakat dalam proses pendaftaran dan sekaligus pemantauan hasil.
Adapun tujuan pelaksanaan PPDB menurut Juknis PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut:
1. Memberi kesempatan seluas-luasnya bagi penduduk usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.
2. Memberi kesempatan kepada peserta didik dari keluarga tidak mampu untuk memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.
3. Menjaring peserta didik baru berprestasi di bidang Akademik dan Non Akademik (Olahraga, Seni Budaya, Keagamaan, dan Kepramukaan).
4. Memberi kesempatan pada anak guru dan tenaga kependidikan dan/atau orang tua yang pindah tugas untuk memperoleh layanan pendidikan sebaik-baiknya.
5. Memberi kesempatan peserta didik baru yang berkebutuhan khusus melalui pendidikan inklusi.
Pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan melalui tahapan sebagai berikut:
1. Tahap I (Online Tentative)
a. Jalur Afirmasi (SMA/SMK)
b. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (SMA/SMK)
c. Jalur Prestasi Hasil Perlombaan/Kejuaraan (SMA/SMK)
2. Tahap II (Online)
Jalur Zonasi (SMA)
3. Tahap III (Online)
a. Jalur Prestasi Gabungan Rerata Nilai Rapor dan Rerata Nilai Ujian Nasional Sekolah tahun 2019 (SMA)
b. Jalur Reguler (SMK)

SMA Negeri 16 Surabaya menjadi salah satu tujuan PPDB favorit di wilayah Surabaya, khususnya Surabaya Timur. Di tengah wabah COVID-19 yang belum juga mereda, SMA Negeri 16 Surabaya telah menyiapkan tim panitia PPDB tahun pelajaran 2020/2021. Mulai hari Senin, 11 Mei 2020, panitia persiapan PPDB telah melaksanakan piket bergilir untuk antisipasi peserta PPDB dan wali murid yang bermaksud mencari informasi seputar PPDB. Protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tetap dilaksanakan seperti memakai masker, menggunakan hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak. Semoga semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan pandemi ini segera berakhir. AAMIIN.