(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menetapkan bahwa Ujian Nasional (UN) yang biasanya dilakukan pada akhir tahun pembelajaran akan ditiadakan. Hal ini disebabkan oleh pandemi wabah virus corona Covid-19 yang menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menjelaskan bahwa sekolah bisa mengambil beberapa opsi sebagai sistem penilaian pengganti Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Lainnya seperti Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas X dan XI tidak diperkenankan tatap muka tetapi bisa lewat online.

Dengan demikian ujian online ini dapat mempermudah pelaksanaan PAT. Para orang tua harus mengawasi anak saat ujian online berlangsung. Hal ini untuk memastikan anak mengerjakan ujian online dengan baik.  Sejalan dengan hal tersebut, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2020 SMA Negeri 16 Surabaya sedikit berbeda karena adanya Pandemi COVID-16. Biasanya ujian dilaksanakan serentak dengan CBT sekolah, tetapi kali ini ujian berlangsung secara online di rumah masing-masing. Tetapi siswa tetap dipantau dan tertib mematuhi aturan ujian yang ada seperti harus memakai seragam sesuai harinya dan mengirimkan laporan telah melaksanakan ujian melalui google form dari tim kurikulum.

Selain itu koordinasi operator sekolah, Ibu Maulandani serta wali kelas masing-masing untuk memastikan ujian berjalan dengan lancar. Kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa segera dilaporkan dan dicarikan solusi penyelesaiannya. Operator sekolah pun siap apabila akun Quick Edu, aplikasi CBT SMA N 16 Surabaya yang dipakai siswa mengalami error. Intinya seluruh usaha tersebut dilakukan dengan tujuan agar ujian PAT online dapat berjalan dengan lancar tanpa mengurangi esensi dari pelaksanaan ujian itu sendiri. Selalu semangat, karena sesungguhnya semua masalah pasti datang berserta solusinya!