(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Kita sering mendengar kemerdekaan adalah hak segala bangsa.  Ya memang esensi dari hidup yang berdikari adalah merdeka. Tetapi pernahkah kita berpikir bahwa pendidikan juga hak segala bangsa. Oleh karena itu, sering kita dengar pada saat ini tentang “Merdeka Belajar” atau kita boleh menyebut “Merdeka Berpendidikan”. Kondisi ini dapat diartikan sebagai kebebasan semua orang untuk belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun. Belajar tidak mengenal umur, maka setiap orang diharapkan untuk belajar seumur hidupnya. Berbagai komponen dalam pembelajaran baik dalam hal pengetahuan, keterampilan, sikap, maupun spiritual harus terus diasah dan ditingkatkan.

Sejalan dengan hal di atas, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020, lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) melaksanakan event kompetisi online yang pertama kali dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional yaitu Kompetisi Hardiknas. Adapun tujuan dari event kompetisi online ini adalah untuk memfasilitasi siswa/i dan guru untuk belajar olimpiade sains dan meningkatkan daya saing siswa/i serta guru seluruh Indonesia.

Kompetisi online tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Mei 2020, pukul 08.00-24.00 WIB melalui online (https://cbt.posi.sch.id). Terdiri dari beberapa bidang studi diantaranya Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kebumian, Kimia, Komputer, Matematika, dan Bahasa Inggris. Pemenang di ajang Kompetisi Hardiknas ini terdiri dari 30 peserta terbaik baik siswa maupun guru dengan rincian 5 peraih medali emas, 10 peraih medali perak, dan 15 peraih medali perunggu. Untuk 30 besar mendapatkan E-Piagam Pengahrgaan dan untuk semua peserta mendapatkan e-sertifikat.

Adapun beberapa siswa dan guru dari SMA Negeri 16 Surabaya ikut berpartisipasi dalam ajang kompetisi ini. Raihan prestasi yang dihasilkan yaitu:

  1. AINUN NADHIFAH SYAMSIYAH (SISWA) meraih medali emas bidang KOMPUTER.
  2. ERNA WIDHI ASTUTI, S.Pd.Gr (GURU) meraih medali perunggu bidang KIMIA.

semoga hasil ini dapat dijadikan motivasi dan pemacu untuk siswa dan bapak ibu guru lainnya. Semangat berprestasi SIXTEENANGERS!