(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Menjadi seorang Muslim kiranya tidaklah cukup hanya dengan bersyahadat tanpa berusaha mempertebal keimanan. Untuk itu dibutuhkan ilmu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ” Menuntut Ilmu itu wajib atas setiap Muslim” ( HR. Ibnu Majah no.224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, di sahihkan Al Albani dalam Shahiih al-jaami’ish Shaghiir no. 3913).

Jadi ketika sudah turun perintah Allah yang mewajibkan kita sebagai kaum muslim untuk memnuntut ilmu, maka kita harus patuh, termasuk menuntut ilmu agama. Menuntut Ilmu sembari beribadah pahalanya pasti berlipat, terutama di bulan ramadhan. Meskipun Ramadhan kali ini terasa sangat berbeda karena kita menjalankannya di tengah pandemi Covid-19, namun hal ini tidak menyurutkan semangat siswa siswi SMA Negeri 16 Surabaya.

Salah satunya adalah Kegiatan menuntut ilmu sambil beribadah yang biasanya dilakukan dengan pondok ramadhan di sekolah, kali ini dilaksanakan secara online. Pesantren Ramadhan Online ini dilaksanakan oleh seluruh siswa siswi kelas X dan XI dan di bimbing oleh Guru PAI, yaitu Bapak Supandi, Bapak Zaqqi Ghufron, serta Bapak Zainal Alim.

Sebelum dilaksanakan, Kegiatan ini sudah terlebih dahulu di sosialisasikan kepada siswa siswi melalui Wali Kelas masing-masing di Group Kelasnya.  Pesantren Online kali ini terasa berbeda karena tidak hanya pembimbing , namun para wali murid otomatis akan ikut mendampingi kegiatan anak-anaknya di rumah. Setiap kegiatan ( mis. tadarus, sholat dhuha,dll)  harus dilaporkan melalui foto geotech yang di setorkan ke Google Classroom Sesuai kelasnya, yang kemudian akan diberi penilaian oleh guru PAI.

Selain itu ada juga tugas membuat KULTUM yang harus dikumpulkan dalam bentuk video kemudian di unggah ke channel youtube, ini contohnya https://www.youtube.com/watch?v=_Us6ptVVkKY , kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 29-30 April 2020. Wah Keren ya,,,Meskipun di #rumah saja tapi tetap mendapat banyak manfaat dan kebarokahan di bulan suci ini, smoga kita semua tetap sehat dan kuat ya,, Bravo Sixteen 🙂