(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Dunia saat ini sedang di uji dengan pandemi COVID-16. Indonesia dan dunia pendidikan juga tak pelak terkena imbasnya. Hampir dua bulan pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan sistem daring. Namun, di balik semua musibah ini kita masih bisa diberi kesempatan untuk instropeksi diri dan berharap semuanya segera membaik. Tetap positif adalah kunci utama agar tetap semangat.

Berbicara mengenai sesuatu yang positif dan semangat. Pada tanggal 15 April 2020, tepatnya Hari Rabu, SMA Negeri 16 Surabaya mendapatkan kabar baik dari hasil pengumuman Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota . Tiga siswa SMA Negeri 16 Surabaya berhasil melaju ke babak selanjutnya yaitu OSN Tingkat Propinsi. Berdasarkan Keputusan KADISDIK Prov JATIM No. 188.4/2451/101.01/2020 Tentang : Revisi Penetapan Nama-nama calon peserta Kompetisi Sains Nasional ( KSN) SMA-MA Tingkat Prov. Jatim 2020, Adapun siswa-siswa tersebut adalah:

  1. Ainun Nadhifah Syamsiyah ( Kls X IPA 8)

Sebagai Peringkat 19 Passing Grade Terbaik jawa Timur di bidang Komputer

       2. Ichsan Abdillah  ( Kls X IPA 1)

Sebagai peringkat ke 37 Bidang Studi Kimia

3. Aulia Arsanti ( Kls XI IPA 7)

Sebagai Perwakilan 2 Kota Surabaya Bidang Studi Kimia

4. Novita Anggraini ( Kls XI IPA 3)

Sebagai Perwakilan 1 Kota Surabaya Bidang Studi Kebumian

Hasil tersebut menjadi hadiah indah bagi mereka karena persiapan yang cukup matang sudah mereka jalani sejak pertengahan Bulan Februari. Pembimbingan olimpiade dilaksanakan setiap hari Jumat. Bidang Kimia dibimbing oleh Bapak Tjahyo, Ibu Ninis, dan Ibu Erna. Sedangkan Bidang Komputer dibina oleh Ibu Maulandani dan Ibu Eni Inajati. Selain itu, pada saat bimbingan intensif 2 minggu sebelum pelaksanaan hari H. Seluruh peserta OSN SMA N 16 Surabaya juga diberikan bimbingan tambahan oleh mitra SMA N 16 Surabaya, salah satunya yaitu Ganesha Operation (GO). Sebelum, pelaksanaan OSN sempat terkendala karena mulai merebaknya COVID-19. Akan tetapi, pada Hari Selasa, 10 Maret 2020 pelaksanaan OSN Tingkat Kab/Kota berjalan dengan lancar. Beberapa sekolah di Surabaya ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan tes seleksi. Seleksi bidang kimia diselenggarakan di SMA N 2 Surabaya, sedangkan bidang komputer di SMA N 1 Surabaya. Durasi pengerjaan tes sekitar dua jam yaitu dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Dengan adanya kabar baik ini, setidaknya masih ada harapan untuk kita semua. Segenap warga SMA Negeri 16 berharap semoga pandemi COVID-19 segera berakhir dan pembelajaran serta aktivitas di sekolah dapat kembali normal seperti sedia kala. AAMIIN.