(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai permasalahan kompleks di segala bidang, salah satunya dunia pendidikan. Keputusan untuk membelajarkan siswa dari rumah dan bekerja dari rumah seolah menjadi solusi paling tepat saat ini. Di sisi lain, dalam proses pembelajaran, keputusan ini memberikan dampak yang berbeda. Siswa yang semula belajar dengan tatap muka langsung dengan guru, sekarang berubah menjadi pembelajaran daring (online).

SMA Negeri 16 Surabaya pun memberlakukan pembelajaran daring dengan sebutan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tim kurikulum telah membuat jadwal pelajaran baru yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan guru selama masa Pandemi. Bentuk pembelajaran daring ini diharapkan tidak terlalu membebani siswa dengan berbagai tugas tanpa henti. Sebaliknya, para guru berupaya pembelajaran jarak jauh ini dalam dilakukan dalam suasana yang menyenangkan baik dari siswa, guru, dan orang tua.

Berbagai metode pembelajaran jarak jauh dilakukan oleh para guru. Aplikasi online berperan penting dalam hal ini. Diantaranya edmodo, google classrom, skype, dan yang menjadi hits saat ini adalah aplikasi meeting online yang disebut dengan “zoom”. Hal ini bertujuan agar siswa dapat tetap belajar dengan baik dan menyenangkan meskipun dari rumah. Adapun komponen pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan diantaranya: (1) bangkitnya minat untuk belajar; (2) adanya keterlibatan penuh; (3) terciptanya makna; (4) adanya pemahaman atau penguasaan materi; (5) adanya nilai yang membahagiakan. Jika komponen-komponen pembelajaran daring tersebut dipenuhi, maka belajar akan tetap menyenangkan dimanapun dan kapanpun.