(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Jumat, 21 Februari 2020, SMA Negeri 16 Surabaya melaksanakan salah satu kegiatan yang menjadi salah satu program Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yaitu Outing Class. Kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam kegiatan di luar kelas sebagai proses pembelajaran bagi siswa seperti kegiatan industri dan pariwisata yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk membuat suatu Karya Tulis Ilmiah secara berkelompok. Tempat tujuan yang dikunjungi antara lain Pabrik Yakult, Pabrik Es Krim “AICE”, Wisata Edukasi Susu Batu (WESB), dan Batu Night Secret (BNS).

Kegiatan dimulai pada pukul 05.30. Seluruh siswa kelas XI dan bapak ibu guru yang ditunjuk sebagai panitia kegiatan telah berkumpul di sekolah. Sekitar sebelas armada bus pariwisata telah disiapkan. Setelah semuanya siap, satu persatu bus mulai meninggalkan gerbang sekolah. Tujuan pertama kunjungan adalah pabrik es krim AICE dan pabrik Yakult. Karena keterbatasan kapasitas pabrik untuk menampung para pengunjung, maka rombongan pun dibagi menjadi dua. Kelas XI IPA 1 sampai XI IPA 5 akan mengunjungi pabrik yakult, sedangkan kelas XI IPA 6 sampai XI IPS 2 akan mengunjungi pabrik es krim “AICE”. Kegiatan kunjungan di kedua pabrik tersebut berjalan dengan lancar. Anak-anak terlihat begitu menikmati, apalagi mereka mendapatkan yakult dan es krim gratis sembari mendengarkan penjelasan dari tour guide pabrik tentang proses produksi es krim dan yakult secara umum.

Selanjutnya, kegiatan kunjungan yang kedua yaitu Wisata Edukasi Susu Batu. Di tengah rintikan hujan yang mengguyur kota Batu, Malang. Para siswa tetap melaksanakan kunjungan ke berbagai wahana edukasi yang ada di WEBS. Adapun wahana tersebut antara lain proses pengolahan susu pasteurisasi, ternak lebah madu, pembuatan pakan ternak, biogas, dan edamame (red: salah satu jenis sayuran menyerupai kedelai). Siswa secara berkelompok antusias mencari informasi di WEBS karena tema Karya Tulis Ilmiah yang akan mereka buat seluruhnya adalah kegiatan produksi di WEBS tersebut. Masing-masing kelompok yang sudah dibagi tema KTI terlihat mewawancarai narasumber di WEBS untuk mendapatkan informasi yang jelas. Selain itu, tak lupa pula mereka mengabadikan momen bersama karena spot foto di WEBS cukup banyak dan menarik.

Sekitar pukul 16.00 WIB, bus meluncur ke Batu Night Secret (BNS). Kunjungan kali ini lebih santai. Peserta rombongan dibebaskan untuk menikmati wahana di BNS dengan gembira. Ada go cart, bioskop 4D, dan berbagai permainan yang memacu adrenaline. Makan malam di tengah guyuran hujan sore tersebut terasa begitu nikmat sembari menyaksikan pertunjukan air mancur. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 20.00 WIB. Saatnya peserta kembali ke Surabaya. Sekitar 3 jam perjalanan, rombongan sudah sampai di sekolah dengan selamat. Lelah hari ini terbayar lunas dengan rasa bahagia dan momen yang tak terlupakan! Belajar sambil bersenang-senang adalah cara terbaik menikmati hidup.