(031) 8415492 humassman16sby@gmail.com

Tunjungan Plaza Convention Center, Jumat, 27 September 2019. Kegiatan dua tahunan diselenggarakan oleh SMA Negeri 16 Surabaya telah tiba yaitu Malam Kesenian (MK). Malam kesenian merupakan kegiatan yang diselenggarakan SMA Negeri 16 Surabaya dengan menggelar dan menampilkan bakat-bakat seni lokal dan nasional dengan melibatkan warga sixteenangers dan tentu saja bintang tamu artis-artis ibukota. Tahun 2019, Malam Kesenian (MK) akan menampilkan Tulus, Fiersa Besari, dan Marion Jola. Tentu sudah tidak asing lagi dengan mereka bertiga. Lagu-lagunya selalu menjadi Hits di dunia musik Indonesia. Bahkan tiket pun sudah soldout sekitar satu bulan sebelum acara. Sehingga tiket on the spot hanya tersedia beberapa saja ketika hari-H.

Jumat malam, tepatnya di Tunjungan Plaza malam itu terasa berbeda. Berbondong-bondong para remaja putra dan putri yang mayoritas adalah siswa-siswi SMA N 16 Surabaya yang antusias untuk menonton penampilan Tulus, Fiersa Besari, dan Marion Jola. Tak mau kalah, bapak ibu guru beserta para keluarga pun sangat semangat memenuhi kursi VVIP khusus guru dan karyawan sixteen untuk menyaksikan mereka penampilan para bintang tamu.

Panitia sudah menyiapkan acara tersebut sejak Hari Kamis, 26 September 2019 malam dilanjutkan pada Jumat, 27 September 2019 sejak pukul 05.30 dini hari. Open Gate dimulai pukul 15.30. MC mulai membuka acara dengan salam, icebreaking,menjelaskan latar belakang acara dan susunan acara, dan menyertakan sponsor, kemudian menyambut penampilan band-band lokal seperti, Big Explosion, Beat Crew, Sixtone. Selanjutnya diisi dengan Drama Classical, sambutan ketua OSIS dan Kepala SMA Negeri 16 Surabaya

Semakin malam acara semakin semarak dengan penampilan dari D’Camils Band band, Aurum band, Goodwave, dan Oursixteen. Sekitar pukul 19.40, bintang tamu yang ditunggu-tunggu akhirya muncul untuk pertama kali yaitu Marion Jola. Sorak sorai penonton semakin riuh. Berbagai lagu dibawakan dengan apik oleh Marion Jola  diantaranya Jangan, Rayu, Benci untuk Mencinta (by Naif), Kangen (by Ari Lasso) dan berbagai lagu hits lainnya. Penonton sangat menikmati malam itu dan larut bersama Marion Jola.

Sekitar satu jam akhirnya Marion Jola menyudahi penampilannya, untuk selanjutnya penampilan kedua dari sang “Pujangga” Fiersa Besari. Dengan gaya khas untuk olah kata menjadi sebuah kisah yang enak untuk didengarkan. Fiersa selalu memberikan narasi di awal lagunya. Istimewanya Fiersa Besari membawakan lagu untuk pertama kalinya di acara MK, lagu tersebut dibawakan pada acara musik. Lagu berjudul “Cerita Rakyat” yang isinya menceritakan kondisi ironi negeri ini. Hits-hits Fiersa Besari satu persatu disuguhkan dengan indahnya mulai dari celengan rindu, rasa yang salah, April, dan masih banyak lagi. Semakin larut semakin kalut dalam keceriaan yang luar biasa malam itu.

Pukul 22.00, tiba di puncak acara yaitu penampilan dari TULUS. Salah satu penyanyi papan atas Indonesia dengan hits-hits maker lagu semi Jazz diantaranya sepatu dan teman hidup yang selalu melekat di hati. Penampilan luar biasa Tulus diawali dengan lagu jangan cintai aku apa adanya. Teman Tulus, begitu sebutan fans Tulus histeris seolah bersatu dengan nuansa syahdu malam itu. Lagu-lagu dinyanyikan tulus dengan gema suara penonton dalam dalam gedung TP malam itu. Mulai dari monokrom, ruang sendiri, manusia kuat, 1000 tahun lamanya, gajah, dan beberapa lagu lainnya “sempurna” dinyanyikan sebagai penanda bahwa malam MK benar-benar luar biasa. God Job Sixteen!