(031) 8415492 humassman16@gmail.com

Idul adha ialah hari raya yang diperingati oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia dalam rangka mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang berhasil memegang teguh keimanannya kepada Alloh SWT. Ibrahim AS menunjukkan kerelaan untuk mengorbankan putranya Ismail AS, tetapi putranya tersebut digantikan dengan kambing oleh Alloh SWT. Alloh SWT juga sangat senang dengan ketundukan Ibrahim AS kepada-Nya sehingga Alloh menjadikan pelaksanaan kurban ini sebagai bagian permanen dalam hidup umat muslim.

Oleh karenanya, setiap tahun pada tanggal 10 Dzulhijjah, semua muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha. Pada hari tersebut, muslim menyembelih kambing, domba, sapi atau unta untuk menghormati pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Semangat berbagi dan bersyukur mewarnai perayaan ini. Allah berfirman dalam Quran:

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”(Surat Al-Hajj : 37).

Berkat dari partisipasi seluruh warga Sixteenagers dan beberapa donator, SMAN 16 Surabaya untuk kali ini menyembelih 7 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Daging qurban didistribusikan ke masyarakat sekitar dan ke warga SMA N 16 ( khususnya siswa) yang berhak menerima daging qurban.

Kegiatan ini ditujukan agar warga sixteenagers terutama yang beragama muslim semakin sholeh terhadap amalannya dan belajar bagaimana berempati kepada orang sekitarnya. semoga Allah menghitung amalan kita dan mengganti dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin Allahumma Aamiin. (Hp)