(031) 8415492 humassman16@gmail.com
Sebuah Kehormatan Bagi SMA Negeri 16 Surabaya karena dipilih sebagai salah satu, selain SMA N 5 Surabaya yang mendapat kunjungan dari rombongan pelajar Osaka, Jepang. Program ini bertujuan sebagai sarana untuk bertukar pengalaman seputar kebudayaan, pendidikan, serta mitigasi bencana tsunami dan gempa bumi dengan pelajar Jepang.

Setelah diawali dengan kunjungan persiapan perdana tanggal 2 Juli 2019, kunjungan resmi dari pihak prefektur osaka jepang, Kamis, 8 Agustus 2019, tiba di SMA N 16 Surabaya pukul 08.30 WIB bersama rombongannya. Setelah mendapatkan pengarahan tentang teknis cara, siswa Jepang akan menyanyikan lagu “Rek Ayo Rek”. Selanjutnya rombongan diarahkan menuju Gedung Kesenian (GK). Sampai disana mereka disambut dengan warga SMA N 16 Surabaya yang sudah membawa miniatur kertas bendera Jepang dan bendera Indonesia. MC yang memandu pun tak mau kalah memukau, mereka menggunakan kimino, baju khas Jepang.

Adapun rangkaian acara selanjutnya antara lain:
 Tari Pembukaan (Tari Sekar Kedaton Sparkling)
 Menyanyikan lagu Indonesia Raya
 Sambutan-Sambutan dari:
1. Perwakilan Pemprov Jatim (Bapak Deidy SetyawanKabag Kerjasama Luar Negeri);
2. Pemerintah Prefektur Osaka Jepang (Ms. Kawatani Hideko  Wakil Direktur Pemerintah Prefektur Osaka Jepang)
3. Kepala SMA N 16 Surabaya (Hj. RA. Roodiantini, S.Pd., M.Pd)
 Presentasi dari pelajar Jepang tentang budaya Jepang serta Mitigasi Bencana gempa bumi dan tsunami
 Persembahan sinden (Livi, kelas XII IPS 1) dan Wayang dengan dalang Anugrah Hamdani (XI IPA 8)
 Persembahan Paduan suara SMA Negeri 16 Surabaya
 Persembahan lagu dari siswa Osaka Jepang (lagu Rek Ayo Rek)
 Pemberian Cindera Mata (berupa tas dari kain dengan motif karya siswa siswi SMA N 16 Surabaya)
 Foto bersama pelajar Jepang dan para hadirin yang hadir di Gedung Kesenian SMA Negeri 16 Surabaya

Puncak acara yang ditunggu-tunggu yaitu rombongan Jepang mengikuti perlombaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-34 yaitu lomba makan kerupuk, klompen (bakiak beregu), dan letus balon dengan capil. Anehnya, walaupun terlihat asing bagi pelajar Jepang, tetapi mereka sangat menikmati seluruh rangkaian acara tersebut. Bahkan seluruh pemenang yang mendominasi adalah siswi-siswi dari Jepang.

Acara hari Kamis ditutup dengan kegiatan keliling untuk melihat lingkungan SMA N 16 Surabaya, makan siang, dan puncaknya menyaksikan pagelaran drama dengan tema siaga bencana yang diselenggarakan di Lapangan SMA N 16 Surabaya. Tampak sekali para rombongan dari osaka jepang sangat menikmati drama teatrikal tentang bencana alam yang mengambil tema 20 : 20, standing applause dari para tamu dan warga sixteenagers yang turut menyaksikan drama, seketika membahana ketika pagelaran drama telah usai. Sungguh rangkaian kegiatan yang berkesan dan menyenangkan dan memberikan kesan tersendiri bagi para tamu dari osaka jepang 🙂

Bravo sixteenagers (Er/Hp).